New Normal Australia: Restoran Hingga Kafe Kembali Dibuka!

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
15 May 2020 13:49
A popular dining area with several restaurants along the shoreline has no activity as stage 1 of the lifting of COVID-19 restrictions begin in Sydney, Friday, May 15, 2020. Some pubs, clubs and restaurants are reopening with a limit of 10 patrons while following distancing guidelines. (AP Photo/Rick Rycroft)
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah menerapkan lockdown dan penutupan banyak sektor usaha selama dua bulan terakhir, Pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) mulai memperbolehkan restoran, kafe, dan bar dibuka kembali per Jumat (15/5/2020). Pemerintah pun mulai memperbolehkan masyarakat kembali bekerja guna menggerakkan perekonomian negara.

Namun, Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian memperingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga jarak sosial ketika berada di restoran, kolam renang umum, dan lainnya. Bisnis lainnya juga akan dibuka kembali dengan syarat membatasi pelanggan maksimal 10 orang dalam satu waktu.

"Pelonggaran pembatasan telah gagal di banyak tempat di seluruh dunia. Saya tidak ingin hal itu terjadi di NSW, saya ingin orang-orang memiliki tanggung jawab pribadi atas cara kita merespons," ujar Berejiklian kepada wartawan di Sydney, dikutip dari Reuters, Jumat (15/5/2020).


Pelonggaran aturan di negara bagian NSW ini terjadi hanya sehari setelah Kantor Statistik Nasional melaporkan tingginya angka pengangguran di sana. Bahkan Perdana Menteri Australia Scott Morrison memperingatkan akan masih ada lagi berita lebih buruk di masa yang akan datang.

Morrison bahkan sudah menguraikan tiga tahap rencana untuk menghapus hampir semua aturan lockdown pada Juli mendatang, sebagai upaya untuk menghidupkan kembali ekonomi nasional yang hampir mencapai resesi.

Di bawah sistem federal Australia, implementasi tiga tahap rencana adalah tanggung jawab masing-masing negara bagian dan teritori. Ini berarti berbagai negara bagian akan memiliki jadwal yang berbeda.

Sekolah mulai dibuka kembali secara perlahan, rumah tangga swasta boleh menerima lima tamu, dan pertemuan publik dibatasi hingga 10 orang di NSW. Sedangkan di Northern Territory, di mana jumlah kasusnya rendah dan tidak ada kematian, pub dibuka tanpa batasan serta tidak ada batasan pada pertemuan publik atau kunjungan rumah.

Negara bagian terpadat kedua di Australia, Victoria saat ini masih mempertahankan sebagian besar aturan lockdown.



Morrison menggambarkan data pasar tenaga kerja yang menunjukkan hampir 600.000 orang kehilangan pekerjaan pada April lalu. Maka pada Jumat malam waktu setempat, Morrison akan bertemu dengan kabinet darurat nasional yang dibentuk untuk menangani krisis ini.

Kelompok tersebut, yang termasuk para pemimpin negara bagian dan teritori, akan mendengar briefing dari gubernur Bank Sentral Australia dan para pemimpin keuangan lain untuk mendapatkan kesepakatan bersama.

Pejabat NSW sebelumnya melaporkan delapan kasus baru Covid-19 pada Jumat, angka terjangkit harian tertinggi dalam seminggu terakhir. Angka terjangkit secara nasional sudah menurun dalam 20 hari terakhir.

Australia kini memiliki 7.019 kasus terjangkit, naik 30 kasus dalam sehari. Sedangkan ada 98 kasus kematian, dan 6.334 kasus pasien berhasil sembuh sejauh ini, menurut data Worldometers.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading