Top! Brebes akan Jadi Lokasi Produksi Sepatu Adidas Cs

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 April 2020 17:50
Shoes are being made at Complete Honour Footwear Industrial, a footwear factory owned by a Taiwan company, in Kampong Speu, Cambodia, July 4, 2018. REUTERS/Ann Wang    SEARCH
Jakarta, CNBC Indonesia - Puluhan pabrik sepatu brand terkenal dunia seperti Adidas dan Nike pindah dari wilayah Jawa Barat dan Banten ke Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Brebes. Nyatanya, wilayah yang dikenal dengan produsen telur asin ini memiliki daya sendiri untuk menarik investor.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri bahkan menyebutnya Brebes sebagai primadona bagi pabrik sepatu, khususnya industri padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja. Ia mengungkapkan banyaknya perusahaan yang sengaja berekspansi ke wilayah Brebes karena upah minimum kota (UMK) yang dinilai rendah.

"Selama beberapa tahun, banyak arus pabrik dari Banten, Jabar dan Jabodetabek masuk ke Jateng. Apalagi kelihatannya Brebes jadi primadona. Secara UMK, di Jateng paling murah juga. Apalagi dibandingkan Banten dan Tangerang," papar Firman kepada CNBC Indonesia, Kamis (30/4).


[Gambas:Video CNBC]




Nilai UMK di Kabupaten Brebes tahun ini berada di angka Rp 1.807.614, naik dari tahun lalu sebesar Rp 1.665.850. Angka tersebut tergolong rendah dibandingkan wilayah lainnya di Jateng yang berada di kisaran Rp 2.000.000. Bandingkan UMK di Kota Tangerang mencapai Rp 4.199.029, belum lagi UMK sektoral yang lebih tinggi lagi.

Bagi industri padat karya, maka faktor biaya pegawai menjadi salah pertimbangan. Biaya yang dikeluarkan dari pengeluaran di pos ini menjadi salah satu yang terbesar dan rutin setiap bulannya.

Dalam memanjakan investor, Pemda Brebs sudah punya lahan untuk Kawasan Industri Brebes (KIB) seluas 3.976 hektare dan untuk Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB) seluas 5.070 hektare.

Modal itu digunakan sebagai daya tawar terhadap banyaknya pabrik sepatu maupun industri manufaktur lain. Sebelumnya, ada PT Tah Sung Hung (TSH) dari Taiwan yang diproyeksikan bakal menyerap 15 ribu tenaga kerja dengan nilai investasi mencapai Rp400 miliar.



Apalagi, langkah pabrik sepatu PT Shyang Yao Fung di Jatake, Kota Tangerang, Banten yang pindah ke Brebes akan menambah daya tarik kawasan ini. 

PT Shyang Yao Fung menambah deretan perusahaan yang pindah dari kawasan Banten dan Jawa Barat ke Jawa Tengah, khususnya ke Kabupaten Brebes. Sedikitnya sudah ada belasan yang minggat karena isu upah yang tinggi di Jabodetabek. Perusahaan ini ternyata merupakan pembuat sepatu merek Adidas, dengan karyawan sekitar 2.500 orang, yang harus kena PHK massal.

Bila pabrik PT Shyang Yao Fung mulai produksi di Brebes, maka sangat mungkin produk-produk sepatu kenamaan seperti Adidas dan Nike dibuat di sana. Namun, memang dampak pandemi corona, pemesanan produksi sepatu bermerek masih sebatas hingga Mei 2020, setelah itu belum ada kepastian dari para buyer.

"Saya belum ada info mengenai kapan (PT Shyang Yao Fung) yang di Brebes akan mulai produksi," kata Firman.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading