Internasional

PBB: Cuma Vaksin Corona yang Buat Dunia Normal

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
16 April 2020 14:09
PBB: Dunia Bak Angin Ribut Karena Corona dan Konflik Timteng (CNBC Indonesia TV)
Jakarta, CNBC Indonesia - PBB meminta percepatan. pengembangan vaksin corona (COVID-19). Vaksin corona adalah hal satu-satunya hal yang bisa mengembalikan situasi dunia menjadi normal.

"Vaksin yang aman dan efektif merupakan satu-satunya alat yang dapat mengembalikan dunia ke normal, menyelamatkan jutaan nyawa dan triliunan dolar yang tak terhitung jumlahnya," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Rabu (15/4/2020), saat konferensi video dengan 50 negara Afrika.

"Kami membutuhkan upaya ambisius untuk memastikan bahwa para pemangku kepentingan internasional bergerak dengan pendekatan yang harmonis, terintegrasi .. untuk mendapatkan vaksin di akhir 2020."



Menurutnya melalui WHO, PBB telah melengkapi 47 negara Afrika dengan tes COVID-19. PBB sendiri telah meminta donasi hingga US$ 2 miliar untuk penanganan krisis kemanusiaan karena corona.

Dari data Worldometer, ada 2 juta lebih kasus corona di dunia, dengan 134 ribu pasien meninggal dan 515 ribu orang sembuh. Saat ini, masih ada 1,4 juta lebih kasus aktif.

Dari data yang sama ada 210 negara dan teritori terinfeksi corona. AS jadi pusat corona dengan kasus sebanyak 644 ribu.

Sementara itu, sebelumnya Presiden AS Donald Trump menyetop dana untuk organisasi PBB WHO. Lembaga itu dianggap gagal dalam mengatasi epidemi karena salah memberi informasi.




[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading