Bicara PHK Corona, Luhut: Jangan Pikir Pemerintah Superman!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
14 April 2020 20:36
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara soal dampak corona yang memicu 2,8 juta pekerja di Indonesia kena PHK dan dirumahkan. Ia mengatakan persoalan itu memang tak bisa dihindari dan terjadi di semua negara yang terkena pandemi corona atau covid-19.

"Gelombang PHK pasti terjadi bukan hanya di kita tapi dunia," kata Luhut dalam tele conference di Jakarta, Selasa (14/4).

"Semua dunia juga begitu. Karena ini belum pernah ada dalam sejarah umat manusia di era modern ini terjadi seperti ini jadi semua harus kerjasama bahu membahu," katanya.


Menyoal gelombang PHK corona dan saling kerja sama, Luhut mengatakan pemerintah membuka masukan dari pelaku usaha untuk mencari jalan keluar bersama terhadap masalah PHK pekerja. Ini karena persoalan corona harus diatasi secara bersama-sama.



"Kita terima masukan, jangan dipikir pemerintah itu superman, kan ada angle lain. Bagaimana pemerintah atasi? Ya kita lakukan, misal di pariwisata itu tidak mungkin bangkit kalau tanpa pemerintah, kalau mereka tidak bangkit nanti tidak ada pajak, itu siklus, kami terima masukan, kita lihat," tegas Luhut.

Ia menegaskan pemerintah tentu akan membantu sektor swasta di tengah pandemi corona. Pamerintah akan bantu perusahaan-perusahaan agar tetap jalan.

"Kita kasih kompensasi apa. Sedang dihitung dengan cermat angka angka itu. Saya pikir sekarang kerjasama semua antara BI dengan Kemenkeu OJK saya kira bagus," katanya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Luhut: Mudik Dilarang, KRL Tak akan Ditutup, Tol Dibatasi


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading