Corona Biadab: 16,7 Juta Orang di AS Kena PHK dalam 3 Minggu

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
10 April 2020 07:42
Virus ini mampu membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dampak pandemi virus corona atau Coronavirus Desease-2019 (COVID-19) sangat luar biasa. Virus ini mampu membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.

US Department of Labor melaporkan, jumlah klaim tunjangan pengangguran di Amerika Serikat (AS) pada pekan yang berakhir 4 April 2020 adalah 6,6 juta. Turun dibandingkan pekan sebelumnya yang sebanyak 6,86 tetapi masih di level tinggi.




Dalam tiga pekan terakhir, jumlah klaim unemployment benefits di Negeri Paman Sam mencapai hampir 17 juta. Jutaan orang kehilangan pekerjaan gara-gara virus berukuran 10-20 nanometer.

Refinitiv

"Laporan ini menunjukkan pengorbanan warga AS demi memperlambat laju penyebaran virus corona. Pemerintah Presiden Donald Trump tengah melaksanakan program bantuan yang menyediakan dukungan bagi pekerja dan dunia usaha.

"Awal pekan ini, Kementerian Ketenagakerjaan telah menyediakan panduan bagi penyaluran bantuan US$ 600/pekan. Sejumlah negara bagian sudah mulai mencairkannya, yang lain akan menyusul. Kementerian terus bekerja sama erat dengan negara bagian untuk mendukung proses ini," papar Eugene Scalia, Menteri Ketenagakerjaan AS, seperti dikutip dari siaran tertulis.

AS adalah negara dengan pasien positif corona terbanyak di dunia. Data satelit pemetaan ArcGis menyebutkan per Jumat (10/4/2020) pukul 06:09 WIB, pasien corona di Negeri Adidaya mencapai 461.437 orang. Jumlah tersebut hampir 29% dari total pasien corona di seluruh dunia yang berjumlah 1.595.350.



PHK Dekat dengan Resesi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading