Internasional

Bernie Sanders Out! Trump vs Biden di Pilpres AS 2020

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
09 April 2020 13:45
Senator Bernie Sanders mengundurkan diri dari pemilihan presiden 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Senator Bernie Sanders mengundurkan diri dari pemilihan presiden 2020 pada Rabu (8/4/2020) waktu setempat. Pengunduran Sanders bakal calon presiden AS mengakhiri pemilihan utama Demokrat yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan hanya mengadakan pemilihan umum antara Presiden Donald Trump dan mantan Wakil Presiden Joe Biden.

Senator independen dari Vermont itu mengumumkan pengunduran dirinya setelah mengalami serangkaian kerugian besar, serta hadirnya pandemi corona menghentikan kampanyenya selama berminggu-minggu. Kepada para pendukung, dia mengatakan jalan untuk memenangkan nominasi presiden dari Partai Demokrat adalah "hampir tidak mungkin".

Bernie Sanders Out! Trump vs Biden di Pemilu AS Foto: Debat Kandidat Presiden AS 2020 Partai Demokrat di Houston, Texas pada Kamis, 12 September 2019 (REUTERS/Mike Blake)



"Saya tidak bisa dengan hati nurani yang terus melanjutkan kampanye yang tidak bisa menang dan yang akan mengganggu pekerjaan penting yang diperlukan dari kita semua di jam yang sulit ini," katanya dalam sambutan langsung dari rumahnya di Vermont, dikutip dari CNBC Internasional.

Sanders memberi selamat kepada Biden, tetapi tidak secara eksplisit mendukungnya. Dia menyebut mantan saingannya "orang yang sangat baik yang akan saya ajak bekerja sama untuk memajukan ide-ide progresif kita."

Namun, Sanders mengatakan tidak akan mengirim surat suara di negara bagian dengan pemilih yang memilih dia atau mencoba mengumpulkan lebih banyak delegasi untuk mempengaruhi partai pada konvensi Agustus.

"Lalu bersama-sama, berdiri bersatu kita akan maju untuk mengalahkan Donald Trump, presiden paling berbahaya dalam sejarah Amerika modern," katanya.

Dalam sebuah pernyataan setelah Sanders meninggalkan perlombaan, Biden mengatakan mantan saingannya telah "menciptakan gerakan" dan "mengubah dialog di Amerika." Sementara ia mengakui bahwa ia dan Sanders memiliki pandangan berbeda tentang seberapa cepat bergerak menuju tujuan kebijakan, ia mengatakan akan melanjutkan dialog dengan senator dan pendukungnya.

"Aku harap kamu akan bergabung dengan kami. Sama-sama. Anda dibutuhkan," kata Biden kepada pengikut setia Sanders.

Setelah kemenangan awal di primary Demokrat, Sanders gagal menarik diri dari Biden. Setelah serangkaian pemilihan pendahuluan pada pertengahan Maret, mantan wakil presiden itu mengumpulkan delegasi yang dijaminkan dan menjadi calon terdepan dalam lomba. Biden telah mengumpulkan 1.196 delegasi, dibandingkan 883 untuk Sanders.

Sanders sendiri melihat kesuksesan dari Iowa ke New Hampshire, Nevada, Colorado, dan California. Namun dia tertinggal dalam perlombaan delegasi nasional sebagai Demokrat terkemuka, khawatir bahwa dia bisa menjadi calon mereka dan menghadapi Trump pada bulan November, bersatu di sekitar Biden.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading