Penting Nih! Begini Cara Dapet Listrik Gratis dari Jokowi

News - Annisatul Ummah, CNBC Indonesia
02 April 2020 08:15
Demi meringankan beban ekonomi masyarakat dampak dari pandemi corona (COVID-19) pemerintah memberikan keringanan tarif listrik
Jakarta, CNBC Indonesia - Demi meringankan beban ekonomi masyarakat dampak dari pandemi corona (COVID-19) pemerintah memberikan keringanan tarif listrik. Keringanan ini berlaku selama 3 bulan, namun tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang mengikuti perkembangan kondisi.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Rida Mulyana mengatakan, keringanan tarif listrik ini akan diberikan kepada dua kelompok pelanggan yang selama ini menerima subsidi. Yakni, pelanggan 450 VA sebanyak 23,8 juta pelanggan dan 900 VA sebanyak 7 juta pelangan.

"Secara total ada 31 juta pelanggan," paparnya dalam konferensi pers secara langsung, Rabu (1/4/2020).




Lalu bagaimana cara mendapatkan keringanan tarif listrik tersebut? Berikut keterangan dari Kementerian ESDM baik untuk yang prabayar maupun pascabayar :

Pelanggan 450 VA Pascabayar

Bagi pelanggan ini berapapun pemakaiannya akan digratiskan sesuai dengan arahan presiden. Namun, karena saat ini sedang gencar program work from home dan belajar dari rumah, Rida mengaku akan diantisipasi pemerintah jika ada kenaikan konsumsi listrik di luar kebiasaan.

"Kami pantau profil penggunaannya, karena sekarang banyak yang tinggal di rumah," jelasnya.



Pelanggan 450 VA Prabayar

Pelanggan ini akan diberikan token gratis sesuai dengan pemakaian bulan ini (atau pemakaian biasa).

"Kami dan PLN sudah punya profile masing-masing pelanggan, jadi ketahuan kalau beli maksimal 3 bulan terakhir itu berapa. Itu yang kita berikan gratis ke 3 bulan ke depan, angka maksimum," jelas Rida.

Lebih lanjut Rida menerangkan, untuk pelanggan 900 VA ada 7 juta pelanggan. Di mana mereka bakal menikmati diskon 50%, berikut adalah pembagiannya:

Pelanggan 900 VA Pascabayar

Pelanggan reguler akan diberikan diskon 50% , dihitung dari pemakaian dan beban dikalikan 50%. Ini akan dilihat dari pemakaian listrik terakhir, yang rekening tagihannya keluar setiap tanggal 20 per bulan.

"Misal kemarin pemakaian 200 ribu, kemudian cukup nanti bayar 100 ribu mulai bulan ini. Berapapun nanti tagihannya untuk 900 reguler," jelas dia.

Pelanggan 900 VA Prabayar

Persis seperti pelanggan 450 VA mekanismenya, hanya saja mereka tak nikmati listrik gratis tapi diskon 50%. "Intinya pada bulan April, tidak belanja listrik sebagaimana bulan sebelumnya. Untuk 900 VA hanya setengahnya dan berlaku 3 bulan ke depan," katanya.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading