Bila Terburuk Ada Lockdown, Pengusaha Ritel Minta Syarat Ini

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
31 March 2020 20:00
Pengusaha ritel minta kepastian bila ada kondisi paling darurat dalam penanganan corona.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah pusat menegaskan tak akan mengambil kebijakan lockdown atau karantina wilayah tapi yang ditempuh adalah pembatasan sosial skala besar, hingga paling terburuk adalah darurat sipil. Apapun namanya, bagi pengusaha butuh kepastian terutama soal aturan main, khususnya di sektor ritel.

Sektor ritel khususnya yang menjual kebutuhan pokok mulai mengantisipasi beragam kemungkinan paling buruk dari penanganan corona atau covid-19, dalam bentuk lockdown atau darurat sipil. Hanya saja, ada beberapa syarat yang diminta oleh kalangan pengusaha ritel.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengungkapkan yang utama perlu diperhatikan adalah akses logistik.




"Kalau pun ada karantina wilayah, kita minta kepastian bahwa izin kerja dari distribusi logistik, transportasi itu tetap diutamakan. Karena kalau nanti dibatasi, bawa barangnya terganggu. Sehingga masyarakat yang cari barang nggak komplet," kata Roy kepada CNBC Indonesia, Selasa (31/3).

Selain izin kerja pegawai juga mesti dipikirkan. Roy bahkan menggambarkan pegawai ritel saat ini sama pentingnya dengan tenaga medis. Mereka berada di garda terdepan melayani masyarakat untuk kebutuhan bahan pokok.

"Mereka berjibaku dengan situasi saat ini. Berhadapan dengan orang yang mungkin sudah terkena (virus corona), tapi belum masuk Rumah Sakit. Mana kita tahu," sebutnya.

Kemudian untuk sisi pengamanan pun perlu penjagaan ketat. Dikhawatirkan, tidak tercukupinya kebutuhan bahan pokok kepada masyarakat kurang mampu membuat situasi menjadi tidak terkendali.

"Ada pengawasan dari tim gabungan Polri-TNI terhadap toko-toko modern yang dibuka, sehingga hindari oknum spekulan yang beli barang lebih dan mencegah atau menjauhkan dari provokator yang ingin buat chaos dan sebagainya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]



(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading