Internasional

Duh! Bukan 1, Korut Tembak 2 Rudal saat Dunia Diserang Corona

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
29 March 2020 10:35
Korea Utara dikabarkan menembakkan dua rudal balistik jarak pendek di lepas pantau timurnya pada Minggu (29/3/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Utara dikabarkan menembakkan dua rudal balistik jarak pendek di lepas pantau timurnya pada Minggu (29/3/2020). Hal ini merupakan keempat kalinya dilakukan negeri Kim Jong Un, di saat dunia lainnya sibuk memerangi wabah corona (COVID-19).

Dua proyektil ditembakkan ke arah Timur dari kota pelabuhan Wonsan. Rudal terbang setinggi 230 kilometer (143 mil) ke Laut Jepang. Ketinggiannya mencapai 30 km.

"Tindakan militer semacam itu oleh Korea Utara adalah sangat tidak pantas. Ketika dunia mengalami kesulitan karena wabah corona," ujar Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan dikutip AFP.




Kementerian Pertahanan Jepang juga mengonfirmasi ini. Namun Jepang memastikan rudal balistik tidak sampai ke perairan negeri itu.

Korut yang terisolasi secara politik dan ekonomi, telah mengonfirmasi nol kasus corona di negeri itu. Karantina dan penguncian terbatas sudah dilakukan sejak awal kasus merebak di China, Februari lalu.



Sebelumnya, uji coba rudal juga dilihat langsung oleh Presiden Kim Jong Un pada 21 Maret lalu. Berdasarkan foto-foto yang dibagikan media lokal, rudal tersebut diidentifikasi sebagai rudal balistik jarak dekat KN-24.

Korut sendiri dilarang melakukan uji coba rudal balistik dan telah mendapat sanksi atas progam rudal dan senjata nuklirnya. Presiden AS Donald Trump dikabarkan sempat mengirim surat ke Kim Jong Un untuk merinci rencana hubungan negeri itu dengan Asia Timur lainnya.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading