Internasional

Kacau! Dunia Sibuk dengan Corona, Korut Malah Tembak Rudal

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
29 March 2020 07:50
Kacau! Dunia Sibuk dengan Corona, Korut Malah Tembak Rudal
Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Utara menembakkan setidaknya satu proyektil ke laut di pantai timurnya. Langkah ini dilakukan negara tersebut di saat dunia kini sibuk dengan pengendalian wabah corona (COVID-19).

Hal ini dilaporkan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dan Kementerian Pertahanan Jepang, Minggu (29/3/2020) waktu setempat. Proyektil yang ditembakkan diperkirakan adalah rudal balistik.

"Kami akan terus mengumpulkan, menganalisis dan memantau informasi," kata Korsel dan Jepang dalam sebuah pernyataan di Twitter dikutip Reuters.





Rudal tersebut dinyakan jatuh ke laut. Rudal tidak mendarat di Jepang dan zona ekonomi eksklusif (ZEE) ataupun masuk ke wilayah Korsel.

Jika hal ini terkonfirmasi oleh Korut, maka ini merupakan keempat kalinya negara itu melakukan latihan militer. Sebelumnya, uji coba rudal juga dilihat langsung oleh Presiden Kim Jong Un pada 21 Maret lalu.

Berdasarkan foto-foto yang dibagikan media lokal, rudal tersebut diidentifikasi sebagai rudal balistik jarak dekat KN-24. Korut sendiri dilarang melakukan uji coba rudal balistik dan telah mendapat sanksi atas program rudal dan senjata nuklirnya.

Korut yang terisolasi secara politik dan ekonomi, telah mengonfirmasi nol kasus corona di negeri itu. Karantina dan penguncian terbatas sudah dilakukan sejak awal kasus merebak di China, Februari lalu.



Sementara seorang analis senior AS, Ankit Panda dari Federasi Ilmuan AS berbasis di Washington mengatakan Kim kemungkinan melihat hal ini sebagai "business as usual".

"Tes-tes ini memungkinkan Kim Jong Un untuk menunjukkan bahwa dia berpegang teguh pada kebijakan garis keras, yang memang sudah dibuatnya sejak Desember 2019," katanya.


[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading