Internasional

Irak Konfirmasi Area Dubes AS Diserang Roket di Baghdad

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
26 March 2020 18:21
Irak Konfirmasi Area Dubes AS Diserang Roket di Baghdad Foto: Demonstrasi di Irak. (AP Photo/Anmar Khalil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak dua roket menghantam Green Zone alias Zona Hijau, yakni daerah dengan keamanan tinggi tempat gedung-gedung pemerintah dan kedutaan asing di ibu kota Irak, Baghdad, pada Kamis (26/3/2020) pagi.

Diplomat dan pasukan asing yang berbasis di Irak telah menjadi sasaran serangan serupa lebih dari dua lusin kali sejak akhir Oktober 2019, menurut hitungan AFP.

Menurut pasukan keamanan Irak, dua roket tersebut menyerang lapangan kosong di dekat markas keamanan Irak di Green Zone sebelum fajar.


Tetapi satu sumber keamanan Irak mengatakan bahwa sasaran yang dimaksud tampaknya adalah Kedutaan Besar AS, sebuah kompleks yang luas beberapa ratus meter lebih jauh ke selatan di tepi Tigris.

Beruntung tidak ada laporan korban jiwa atas peristiwa tersebut karena suara sirine Green Zone langsung terdengar tidak lama sesudah roket tersebut menghantam daerah tersebut.


Pada awal bulan ini, dua personel militer AS dan seorang tentara Inggris tewas dalam serangan roket terhadap pangkalan udara Taji di utara, yang dihantam lagi 2 hari kemudian.

Sebanyak 5.200 tentara AS yang ditempatkan di pangkalan-pangkalan Irak merupakan bagian terbesar dari pasukan berkekuatan 7.500, yang dikerahkan untuk membantu pasukan lokal memukul mundur sisa-sisa kelompok jihad.

Pemerintah Irak Konfirmasi Area Dubes AS Diserang Roket di BaFoto: Demonstrasi di Irak. (AP Photo/Ali Abdul Hassan)


Namun pasukan itu ditarik bulan ini, sebagian sebagai tanggapan darurat terhadap pandemi virus corona dan sebagian lagi sebagai reposisi yang lebih permanen.

Pasukan Inggris, Prancis, Australia, dan Ceko yang berada di Irak untuk melatih pasukan Irak kini untuk sementara dikirim pulang karena pihak Baghdad menahan operasi pelatihan. Jumlah pelatih berjumlah sepertiga dari total pasukan koalisi.

Tetapi koalisi ini juga mengkonsolidasikan pasukannya ke sejumlah pangkalan kecil di seluruh Irak dan mengirimkan beberapa pasukan ke luar negeri.

Pada Kamis ini, pasukan koalisi pimpinan AS juga akan menyerahkan pangkalan udara Qayyarah ke pasukan Irak.


[Gambas:Video CNBC]



(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading