Social Distancing

Jokowi: Lagi Isolasi Covid-19 Kok Masih Belanja di Pasar?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 March 2020 10:38
Jokowi: Lagi Isolasi Covid-19 Kok Masih Belanja di Pasar?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya kedisplinan seluruh elemen masyarakat untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19) semakin luas.

Berbicara dalam rapat terbatas, Jokowi mengakui masih mendapati informasi sejumlah masyarakat yang seharusnya menjalani masa isolasi justru melakukan aktivitas di luar rumah. Padahal, ini bisa berpotensi buruk bagi masyarakat.

"Saya baca sebuah berita, sudah diisolasi membantu tetangganya yang mau hajatan, ada yang sudah diisolasi, masih belanja di pasar," kata Jokowi di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).




Jokowi menegaskan bahwa mengisolasi diri sendiri dalam keadaan seperti ini merupakan cara yang tepat untuk mencegah penyebaran corona. Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta seluruh masyarakat patuh terkait hal itu.

"Kedisplinan untuk mengisolasi yang penting, partial isolated, mengisolasi RW, kelurahan penting tapi dengan kedisplinan yang kuat kalau ini bisa dilakukan saya yakini skenario yang kita pilih bisa menghasilkan hasil yang baik," katanya.

Jokowi lantas kembali berbicara mengenai kemungkinan Indonesia menempuh kebijakan lockdown. Menurutnya, menjaga jarak satu sama lain menjadi salah satu kebijakan yang dianggap efektif bagi pemerintah meredam pelularan corona.

"Paling pas di negara kita ya phsysical distancing, menjaga jarak aman. Kalau itu bisa kita lakukan, saya yakin kita bisa mencegah penyebaranCovid-19," tegasJokowi. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading