Pegawai Pertamina Positif Covid-19, Ini Kronologinya

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
23 March 2020 14:01
Satu pegawai Pertamina positif terkena corona, ini penjelasan dan kronologinya
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu pekerja Pertamina Hulu Mahakam (PHM) di Balikpapan dinyatakan positif virus corona (Covid-19) setelah dites secara medis.

Menanggapi hal ini, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan kondisi pekerja yang dinyatakan positif Covid-19 sudah mulai membaik.

Menurutnya, Pertamina akan terus memantau kondisi pekerja tersebut sesuai prosedur dan dilakukan oleh tim medis khusus Covid-19. "Saat ini kondisinya cukup baik. Segenap manajemen dan karyawan Pertamina berdoa semoga pekerja tersebut dan juga seluruh masyarakat Indonesia yang terinfeksi Covid-19 dapat segera pulih," paparnya, Senin, (23/03/2020).


Lebih lanjut dirinya mengatakan sejumlah orang yang pernah berinteraksi degannya sudah diwajibkan untuk karanti mandiri. Demi mencegah penyebaran yang lebih luas Fajriyah menyebut sejumlah upaya antisipasi telah dilakukan.



"Pekerja tersebut merupakan pekerja di fungsi pendukung (back office) yang tidak berhubungan langsung dengan pelanggan dalam kegiatan kesehariannya," imbuhnya.

Kronologinya pekerja PHM tersebut pada Kamis, (12/03/2020) bersama tiga orang pekerja lainnya, melakukan perjalanan dinas ke Jakarta untuk menghadiri rapat kerja di salah satu hotel dan tidak ke kantor JHO. Lalu pulang ke Balikpapan Jumat, (13/03/2020).

Senin, (16/03/2020) yang bersangkutan merasa meriang dan batuk sehingga memeriksakan diri ke RS rujukan Balikpapan. Setelah menjalani serangkaian observasi dan tes, dinyatakan positif COVID-19 pada Jumat, (20/03/2020).

Manajemen PHM memastikan bahwa operasi PHM tetap berjalan dan akan meningkatkan upaya mitigasi dan berbagai langkah pencegahan agar penyebaran virus ini tidak meluas. Manajemen mengharapkan agar mereka yang tetap bekerja di lapangan tidak panik dan tetap fokus.



[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading