Podcast

Faisal Basri: 176 Negara Kena, Corona Itu Perang Dunia

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
20 March 2020 13:17
176 dari 195 negara di dunia terjangkit corona, Faisal Basri sebut kondisi ini adalah perang dunia sesungguhnya
Jakarta, CNBC Indonesia- Ekonom senior dan pendiri INDEF Faisal Basri mengatakan dampak dari virus corona yang makin mewabah ini semakin dahsyat di dunia. Saat ini sudah 176 dari 195 negara yang ada di dunia mencatatkan kasus positif covid-19.

"Ini artinya 90% negara di dunia ini sudah kena. Ini tidak pernah terjadi pandemi sedemikian rupa di dunia. Dulu pernah ada tapi tahun 400," ujar Faisal Basri dalam wawancara podcast CNBC Indonesia, Kamis (19/3/2020).

Persebaran virus ini luar biasa, dan tidak ada yang bisa memprediksi kapan berakhirnya dan masih meraba-raba bagaimana cara mengatasinya.


"Semua orang masih belajar, sampai kapan dan seberapa jauh," kata dia.

Ia menjelaskan, semua negara kewalahan mengatasi virus satu ini bahkan untuk negara adidaya seperti AS. Negara tersebut lewat pemerintahnya sudah mengucurkan stimulus besar-besaran untuk menjaga kondisi ekonominya, sampai US$ 850 miliar. Tapi toh, tetap tidak tertolong.

"Indeks tetap turun, dan ada ketakutan akan terjadinya resesi serta angka pengangguran bisa tembus 20%. Padahal sekarang angka pengangguran di Amerika Serikat terendah sepanjang sejarah, hanya 3,5%"

Amerika, lanjutnya, sebagai negara terbesar di dunia pun tak mempan tak berdaya dengan corona. Ia membandingkan dengan kondisi 2008 juga di mana dunia terkena krisis keuangan global, tapi itu masalah ekomomi ada obat ekonominya dan ampuh."

Sementara, yang dihadapi dunia saat ini bukan masalah ekonomi. "Ini adalah ketakutan, psikologi, dan bahkan nyawa. Virus ini sudah 90% menjangkiti negara di dunia, ini ibaratnya perang dunia."

Pernyataan Faisal Basri lebih jauh bisa didengarkan di podcast "Cuap Cuap Cuan" dari CNBC Indonesia di bawah ini: 


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading