RI Lawan Corona, 566 Personil Bertugas di RS Wisma Atlet

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 March 2020 13:32
Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran sudah siap beroperasi. Rencananya pada jam 17:00 WIB Wisma Atlet sudah bisa digunakan.
Jakarta, CNBC Indonesia- Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran sudah siap beroperasi. Rencananya pada jam 17:00 WIB Wisma Atlet sudah bisa digunakan.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan ada 566 orang satgas yang akan bertugas di Wisma Atlet. Satgas tersebut terdiri dari satgas pendamping yakni tenaga medis, satgas pendukung seperti tim memasak, hingga satgas satuan untuk pengamanan yang terdiri dari marinir, Kopassus, dan TNI.


"Jadi nanti secara terpadu bisa melaksanakan operasional penanganan COVID-19 yang dipimpin Pangdam Jaya," kata Yudo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (23/03/2020).


Ada sekitar 225 orang tim medis yang bersiaga di Tower 3, kemudian ada 161 orang dari satgas pendukung, dan 168 orang untuk pengamanan. Alat pelindung diri (APD) pun menurut Yudo sudah disiapkan.

Nantinya dari 225 tim medis akan dibagi menjadi 3 shift untuk mengantisipasi sejumlah pasien yang datang, dengan kapasitas kamar tidur yang sudah tersedia.


Tower 7 Wisma Atlet pun sudah disiapkan untuk isolasi, dan tersedia 1600 kamar yang sudah siap. Setiap lantai memiliki 34 kamar, 2 kamar untuk perawat, dan di masing-masing kamar ada 3 tempat tidur.

Yudo mengatakan RS Darurat ini pun menerima relawan yang akan dikoordinasikan dengan satgas. Kemudian akan didata, dan dievaluasi kemampuan masing-masing relawan agar bisa diputuskan penempatannya.

[Gambas:Video CNBC]





(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading