'Gejala Omicron Ringan, Sulit Dibedakan dengan Flu Biasa'

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
24 January 2022 12:47
Infografis, Jendral Era New Normal

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah menyampaikan sejumlah imbauan kepada masyarakat yang merasakan gejala tertular virus corona varian Omicron yang ringan dan sulit dibedakan dengan batuk atau flu biasa. Hal tersebut disampaikan Koordinator PPKM Jawa & Bali Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1/2022).

"Mengingat gejala Omicron yang ringan dan sulit dibedakan dengan batuk atau flu biasa, pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan testing bila merasakan gejala tersebut, tidak pergi ke area publik, atau melakukan isolasi mandiri jika terdapat gejala seringan apapun," kata Luhut.

Menurut Luhut, seiring kenaikan kasus Covid-19 yang naik signifikan, pemerintah terus melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mencegah keparahan semakin buruk. Caranya dengan mendorong akselerasi vaksin umum dan booster bagi seluruh masyarakat.

"Pemerintah juga meminta agar masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga atau booster agar langsung melakukan suntikan vaksin di gerai-gerai yang telah disediakan oleh pemerintah," ujar Luhut.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah juga akan terus mendorong vaksinasi dosis kedua untuk umum dan lansia terutama di provinsi, kabupaten, dan kota yang belum memenuhi jumlah capaian dosis vaksinasi.

"Saya memohon khusus kepada seluruh kepala daerah dan pimpinan wilayah di daerah- daerah yang dosis 2 umum dan lansia masih di bawah rata-rata, pemerintah untuk mempercepat vaksinasi supaya memberikan perlindungan lebih terhadap varian Omicron ini. Sehingga hal-hal yang dikhawatirkan akan lebih dapat dimitigasi," kata Luhut.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut Soal Penanganan Covid-19: Saya Lelah Juga Ngurusin ini


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading