Jaga-jaga, Pemerintah Siapkan Anggaran Lockdown untuk Corona

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
18 March 2020 18:06
Meski pemerintah saat ini belum memutuskan, anggaran disiapkan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Meski pemerintah saat ini belum memutuskan untuk mengisolasi secara penuh atau lockdown untuk mencegah penularan virus corona, namun anggaran telah disiapkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan hal tersebut apabila skenario itu akan dijalankan oleh pemerintah saat ini. Sumber daya, terutama dari sisi fiskal akan tercukupi. Saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya untuk penanganan covid-19.

"Kesiapan? Pasti akan disiapkan jadi untuk memutuskan suatu daerah apakah akan dilakukan suatu isolasi pasti sudah dipikirkan juga bagaimana supporting-nya bahkan sampai masalah di desa," kata Sri Mulyani dalam video conference call-nya, Rabu (18/3/2020).


Selain itu juga apabila terdapat desa atau tempat yang pemukimannya cukup padat, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sudah mulai melakukan tempat yang bisa dipakai untuk menampung.

"Tujuannya supaya kalau ada yang sampai suspect, dia tidak menyebarkan di daerahnya," jelas Sri Mulyani.

Seluruh posibilitas, lanjut Sri Mulyani terus dilihat, dalam situasi saat ini dan akan mendukung apapun yang menjadi kebutuhan dan keperluan dalam penanganan covid-19 di Indonesia saat ini.

Sri Mulyani menekankan, artinya bukan hanya siap dalam sisi anggaran saja, tapi juga dalam melihat kesiapan resources atau sumber daya manusianya.

"Kalau memang ada isolated bagaimana kita bisa menyampaikan kebutuhan mereka supaya mereka dapat tetap bisa mendapatkan kebutuhan mereka. Ini yang menjadi pusat perhatian dari gugus tugas tapi juga bersama pemerintah daerah," tuturnya.

Koordinasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah juga terus dilakukan. Agar semuanya bisa bergerak dan beraksi secara cepat dalam meminimalkan penularan virus corona yang sudah menjadi pandemik ini.

"Jadi leadership dari pemerintah daerah menjadi sangat penting untuk meminimalkan terjadinya penularan dan persebaran dan menciptakan mekanisme respon yang positif apakah itu melalui self isolation atau karantina, atau masuk puskesmas atau RS itu pilihan yang terus kita lihat," tuturnya.



[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading