Internasional

Trump Terancam Kena Corona, Ini Pernyataan Resmi Gedung Putih

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 March 2020 11:25
Trump dikabarkan terancam tertular corona. Ini merupakan jawaban Gedung Putih.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat Donald Trump hingga kini belum memeriksakan diri, apakah dirinya terkena corona atau tidak. Ini ditegaskan Gedung Putih, setelah presiden kontroversial itu dikabarkan telah berkontak dengan dua anggota parlemen yang pernah bersinggungan dengan pasien positif COVID-19.

"Presiden belum menerima pemeriksaan COVID-19 karena ia tak pernah melakukan kontak langsung yang lama dengan siapapun yang terkonfirmasi COVID-19 atau memiliki gejalanya," kata Juru Bicara Gedung Putih Stephanie Grisham, dilansir dari Reuters, Selasa (10/3/2020).

"Presiden dalam keadaan kesehatan yang prima dan tim fisik-nya akan terus memonitor dia."


Sebelumnya, dua anggota parlemen AS dari Partai Republik, yang sebelumnya berkontak dengan Trump, mengarantina diri. Pasalnya keduanya ternyata berkontak dengan pasien positif corona.

Pertama adalah politisi Republik Doig Collins. Ia bertemu dengan Trump dan berjabat tangan, Jumat lalu di markas Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) AS.

Sebuah foto yang diterbitkan Arlanta Constitution Journal menunjukkan keduanya berjabat tangan di bandara. Collins mengaku diberitahu bahwa telah melakukan kontak dengan seseorang yang positif corona dalam sebuah konferensi Februari lalu.

Sedangkan yang kedua adalah, anggota parlemen Matt Gaetz, yang bepergian dengan Trump menggunakan Air Forces One. Ia mengarantina dirinya setelah melakukan kontak dengan pasien terinfeksi yang hadir pada Konferensi Tindakan Politik Konservatif (CPAC) 11 hari lalu.

"Saya telah memutuskan untuk melakukan karantina sendiri karena sangat ingin bersikap hati-hati," ujar Collins dikutip dari AFP.

Hal senada juga dikatakan Gaetz dalam akun Twitter kantornya. "Dia (Gaetz) melakukan pengujian (corona) hari ini dan menunggu hasil segera," tegasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Gedung Putih. Ini menjadikan total ada lima anggota parlemen AS yang mengisloasi diri karena melakukan kontak dengan kasus corona.

Tiga senator lain adalah Ted Cruz dan Paul Gosar dari Republik. Sementara satu lagu adalah Julia Browley dari Demokrat.

AS sendiri mengonfirmasi 753 kasus corona di negeri itu, dengan angka kematian hingga Senin malam sebanyak 26 kasus. Secara total di global, ada 113.754 kasus corona di dunia.

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading