Bukan Menakuti, Corona Bikin Parah Tsunami PHK di RI

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
10 March 2020 06:22
Adanya corona semakin menambah daftar panjang kasus PHK di Indonesia di awal 2020.

Perusahaan biro perjalanan Star Jet di Plaza Lagoi Bintan, Kepulauan Riau, memutuskan hubungan kerja (PHK) dengan 150 karyawannya. Langkah PHK ditempuh lantaran bisnis perusahaan lesu sejalan dengan wabah virus corona di berbagai negara.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan Indra Hidayat di Bintan mengatakan PHK mulai diberlakukan oleh Star Jet per 1 Maret 2020. Namun, secara prosedural Disnaker masih menunggu surat izin dari Pengadilan Hubungan Industrial (PHI).

Pihaknya sudah melakukan upaya pendekatan dengan Star Jet, dan menyampaikan harapan agar manajemen tidak mengambil kebijakan PHK, melainkan merumahkan sementara karyawan.


Ia mengaku tidak bisa memaksa perusahaan untuk bertahan, mengingat kondisi ekonomi saat ini dihantui wabah virus corona. "Perusahaan tidak memiliki pemasukan buat menutupi operasional per bulan," katanya seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Star Jet selama ini mengandalkan bisnis pariwisatanya dari wisman asal China. "Perusahaan itu segmen pasarnya memang wisman China, sehingga mereka yang paling terdampak," katanya.

Ratusan Orang Kehilangan Pekerjaan di Pabrik Es Krim
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading