BNPB: Indonesia 'Supermarket' Bencana, Tapi Jangan Kecil Hati

News - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
06 March 2020 06:34
Indonesia memiliki risiko bencana yang sangat besar
Jakarta, CNBC Indonesia -Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menilai Indonesia memiliki risiko bencana yang sangat besar sehingga menjadi salah satu negara dengan risiko bencana tertinggi di dunia dan sudah dijuluki 'supermarket bencana'.

Doni Monardo, Kepala BNPB, menilai banjir bandang merupakan salah satu bencana yang paling berpotensi terjadi di dalam negeri.




"Kita adalah salah satu negara dengan risiko bencana tertinggi dunia, ada yang bilang 'supermarket bencana'. Tetapi jangan kecil hati karena kita dikaruniai keindahan dan kekayaan alam, di atas tanah maupun di bawah laut," ujar jenderal berbintang tiga itu dalam acara Indosterling Forum 9, Kamis (5/3/2020).

Dia menilai salah satu bencana yang paling berpotensi terjadi di Indonesia adalah banjir bandang di saat curah hujan tinggi seperti sekarang. Bencana banjir, lanjutnya, masuk ke kategori bencana alam dan haruslah disikapi dengan lebih cepat.

Menurut dia, salah satu cara mengomunikasikan informasi dengan cepat adalah mengembangkan jejaring informal grup pesan singkat dengan pejabat terkait di masing-masing daerah agar lebih sigap mengawasi potensi bencana dan mengatasi bencananya.



Untuk jenis bencana lain, Doni mengatakan virus corona Covid-19 merupakan salah satu bencana nonalam yang juga harus diwaspadai penyebarannya. Meskipun demikian, dia mengatakan posisi BNPB dalam kasus penanganan Covid-19 bukanlah pelaksana tetapi hanya sebagai kordinator, bukan pelaksana.

Dia mengatakan tim pelaksana dalam kasus Covid-19 itu adalah tenaga medis-Kemenkes dan kementerian lain ditambah TNI/Polri.

Di tempat yang sama, Novri Susan, Asisten Juru Bicara Staf Khusus Presiden, menyampaikan adanya penekanan dan perhatian presiden terhadap sistem penanggulanan bencana.

"Hal itu untuk mencegah adanya gangguan dan perlambatan proses ekonomi ketika bencana terjadi."


TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading