5 Negara Ini Darurat Corona, Awas Ekonomi RI Kena Dampaknya!

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
25 February 2020 17:27
Negara-negara mitra dagang strategis Indonesia kini telah menjelma menjadi negara dengan jumlah kasus infeksi virus corona
Jakarta, CNBC Indonesia - Negara-negara mitra dagang strategis Indonesia kini telah menjelma menjadi negara dengan jumlah kasus infeksi virus corona terbanyak di dunia. Perekonomian negara tersebut menjadi terpukul dan dampaknya bisa dirasakan juga oleh perekonomian tanah air.

Saat ini lima negara dengan kasus infeksi virus corona paling banyak adalah China dengan 77.658 kasus disusul Korea Selatan di posisi kedua dengan 893 kasus dan Italia dengan 229 kasus. Baru Jepang dengan 160 kasus dan Singapura 90 kasus.

Jumlah korban meninggal di luar China juga bertambah. Berdasarkan data John Hopkins University CSSE, jumlah korban meninggal akibat infeksi virus ini di Korea Selatan mencapai 8 orang, di Italia 7 orang dan di Jepang 1 orang. 

Negara

 Kasus Infeksi

 Korban Meninggal


China

 77,658

 2,663

Korea Selatan

 893

 8

Singapura

 90

 -

Jepang

 160

 1

Italia

 229

 7


Sumber : John Hopkins University CSSE

Walaupun lembaga kesehatan dunia (WHO) belum menetapkan wabah akibat virus tersebut sebagai pandemi, tetapi patogen ganas tersebut telah menjangkiti lebih dari 25 negara di dunia dalam kurun waktu yang sangat singkat yakni kurang dari dua bulan.

Parahnya lagi lima negara dengan kasus infeksi virus corona paling banyak merupakan mitra dagang strategis bagi Indonesia dengan nilai total perdagangan untuk barang non-migas mencapai US$ 134,9 miliar pada 2019. Angka tersebut setara dengan 40% dari total nilai perdagangan internasional Indonesia pada periode yang sama.

Tak hanya mitra dagang saja, kelima negara yang saat ini sedang terjangkit virus corona itu ternyata juga merupakan negara investor Indonesia.

Berdasarkan rilis data realisasi investasi pada 2019 BKPM, total nilai realisasi investasi asing (PMA) kelima negara tersebut setara dengan US$ 16,66 miliar atau lebih dari 50% nilai realisasi PMA pada 2019.

Selain perdagangan dan investasi, ekonomi domestik dan kelima ekonomi yang sedang terjangkit virus corona juga dihubungkan melalui sektor perjalanan dan pariwisata.

Jika menggunakan data Kementerian Pariwisata tahun 2018, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari kelima negara itu mencapai 4,89 juta kunjungan atau setara dengan hampir 31% kunjungan wisman ke Indonesia kala itu.

Oleh karena itu jika virus corona yang kini merebak di sana tidak segera dapat ditangani, maka dampak ekonominya akan lebih besar lagi dan menjadi meluas ke mana-mana.

Salah satu negara yang belum melaporkan adanya kasus infeksi virus corona adalah Indonesia. Walau tak ada kasus, perekonomian Indonesia bisa merasakan dampaknya akibat wabah yang menjadi tragedi kemanusiaan ini.

Untuk melihat seberapa besar potensi dampak yang ditimbulkan ke perekonomian Indonesia mari ulas satu per satu hubungan ekonomi Indonesia dengan kelima negara tersebut.
China Jadi Sumber Penyebaran Virus Corona
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading