Menhub Siapkan Pasukan 'Starling' Bersepeda Listrik, Apa Itu?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
21 February 2020 17:31
Menhub Siapkan Pasukan 'Starling' Bersepeda Listrik, Apa Itu?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pergerakan pedagang minuman keliling atau yang biasanya disebut 'starling', sebentar lagi bakal dapat dukungan dari pemerintah melalui payung hukum. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya SumadiĀ akan merumuskan aturan mengenai hal ini.

Nantinya, para pedagang 'starling' bisa memanfaatkan keberadaan sepeda listrik. Budi Karya bilang, keberadaan kendaraan listrik termasuk yang berjenis sepeda, sudah mulai marak sehingga perlu aturan agar tidak menimbulkan dampak negatif.

"Kendaraan listrik berupa sepeda ini bisa mempermudah bagi bakul-bakul kopi yang ada di jalan-jalan. Mengendarai sepeda cukup jauh itu menyita tenaga, bisa juga digunakan (sepeda listrik). Upaya-upaya ini saya hargai," kata Budi Karya di sela membuka diskusi di kantornya, Jumat (21/2/20).


Jika para pedagang sudah menggunakan sepeda listrik, dia menyebut itu sebagai kreativitas. Sebab, kerja para pedagang bisa lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menggunakan sepeda biasa.



"Kita ingin kendaraan-kendaraan listrik yang berbasis sepeda juga memberikan kesempatan dan kemudahan bagi pedagang yang sementara ini pakai sepeda. Bila selama ini hanya mampu mengayuh 5 km karena gunakan tenaga. Dengan sepeda listrik mungkin lebih jauh jangkauannya. Kita minta ini dibahas," bebernya.

Budi Karya menggarisbawahi, usaha starling dengan sepeda listrik jangan sampai dimonopoli pengusaha besar. Dia ingin koperasi dan UMKM juga terlibat untuk pengadaan sepeda listrik.

"Di satu perumahan gabungan dari beberapa orang yang kemudian disewakan, sehingga tumbuh wirausahawan baru dan UMKM di daerah yang bisa memberikan sarana bagi masyarakat dan juga berpenghasilan," tuturnya.

Mengenai aturan sendiri, Budi Karya bilang ada 2 substansi yang dimasukkan. Pertama yakni tentang first mile dan last mile transportasi.

"Kedua untuk pedagang yang menggunakan sepeda biasa nanti menggunakan listrik. Kalau ini dilakukan, nanti ada kelompok koperasi kan bagus. Satu pasar ada 10-20 pedagang bisa menyicil sepeda listrik pada koperasi dan bisa lebih cepat," urainya.

Belum jelas aturan ini akan diterbitkan pada tingkat pemerintah daerah atau pusat. Namun yang jelas Budi Karya bilang, aturan ini bisa menjadi guidance bagi Pemda untuk membuat aturan turunannya.

"Kita sebagai regulator di pusat mengarahkan dengan satu konsep tertentu agar ini produktif dan dikembangkan pada kegiatan kreatif lain," imbuhnya.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading