Internasional

Corona Mengganas di Korsel: 52 Kasus Baru, 156 Terinfeksi

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
21 February 2020 11:57
Korea Selatan mengonfirmasi lonjakan signifikan pada kasus corona di negeri itu.
Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Selatan mengkonfirmasi 52 kasus baru virus corona (COVID-19) pada hari Jumat (21/2/2020). Sehingga, total korban terjangkit virus asal Wuhan, China, di negeri K-Pop menjadi 156 orang.

"Ini menjadikan Korsel sebagai negara dengan jumlah korban terjangkit corona terbanyak di luar China," tulis AFP. Sebelumnya pada Kamis, Korsel telah melaporkan satu warga tewas akibat terinfeksi virus corona.




Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), sebanyak 39 dari total kasus baru tersebut berkaitan dengan penyebaran yang terjadi di Gereja Shincheonji Yesus di kota selatan Daegu. Kota terbesar keempat di Korsel ini menjadi area dengan pasien positif corona terbanyak.

Itu terjadi setelah seorang wanita berusia 61 tahun yang tidak tahu dirinya terjangkit, menyebarkan virus kepada sesama jemaat gereja saat menghadiri setidaknya empat pelayanan gereja. "Lebih dari 80 anggota Shincheonji kini telah terinfeksi," tulis AFP.



Walikota Daegu, Kwon Young-jin sebelumnya telah menyarankan kepada warganya untuk tetap tinggal di dalam rumah demi menghindari penyebaran lebih luas. "Kami berada dalam krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Secara global, virus mirip SARS ini dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 76.718 orang sementara kasus kematian mencapai 2.247. Namun, korban sembuh juga meningkat, mencapai 18.442 orang per Jumat pagi, menurut data Johns Hopkins CSSE.

Corona menyebar di 28 negara. Satu kasus corona lain yang tak kalah besar, adalah di Kapal Diamond Princess, yang ditangani pemerintah Jepang.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading