Jokowi: 4 WNI Positif Corona Ada di RS di Jepang

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 February 2020 11:48
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perkembangan terbaru jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi corona virus
Jakarta; CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perkembangan terbaru jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi corona virus atau Covid 19 di kapal pesiar Diamond Princess.

Berbicara di sela Rakornas BKPM 2020, Jokowi mengaku telah mendapatkan informasi bahwa jumlah WNI yang positif corona di kapal pesiar tersebut mencapai 4 orang. Seluruhnya, telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

"Sampai saat ini saya telah menerima info ada 4 yang positif kena virus corona di kapal pesiar yang ada di Jepang. Itu sudah dibawa ke rumah sakit di Jepang," kata Jokowi di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (20/2/2020).


Jokowi mengaku masih terus memantau perkembangan terkini WNI yang berada di kapal tersebut. Apalagi, jumlah WNI yang berstatus sebagai awak kapal pesiar tersebut mencapai 78 orang.

"KBRI selalu memantau itu. Tetapi kita harus ingat, yang ada di kapal juga masih ada kurang lebih 70an. Ini yg terus dikomunikasikan oleh Kemenlu, baik dengan perusahaan kapal, maupun juga kepada pemerintah di Jepang," katanya.

Lantas, apakah WNI di kapal pesiar tersebut akan dipulangkan pemerintah? Jokowi menegaskan pemerintah tidak akan gegabah dalam mengambil keputusan, karena harus ada koordinasi secara komprehensif.

"Kita ingin memastikan mereka mendapat perlakuan sesuai protokol kesehatan yg sudah dikeluarkan WHO. Ya sekarang itu masih ada di kapal. Sekali lagi kita masih terus membahasnya dengan otoritas Jepang," kata Jokowi

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading