Walau RI Tersengat Corona, Jokowi Tetap Pede PDB Tumbuh 5,3%

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 February 2020 11:42
Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih cukup pede realisasi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa mencapai 5,3%
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih cukup pede realisasi pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa mencapai 5,3%, sesuai yang dicanangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Keyakinan tersebut disampaikan Jokowi di tengah dinamika perlambatan ekonomi global dan kekhawatiran dampak dari corona virus atau Covid -19 terhadap sejumlah perekonomian negara, termasuk Indonesia.

"Masih masuk akal [target pertumbuhan ekonomi 5,3%]," kata Jokowi di sela Rakornas BKPM 2020 di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (20/2/2020).


Jokowi tak memungkiri, kondisi perekonomian global dalam situasi yang tidak begitu menggembirakan. Mulai dari eskalasi perang dagang antara negara, wabah corona, hingga dinamika global lainnya.

"Oleh sebab itu, satu-satunya jalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi hanya satu. Investasi. Investasi yang kecil, tengah, maupun gede," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa berbagai upaya yang dilakukan pemerintah saat ini adalah mengundang arus modal masuk ke perekonomian. Jika hal itu bisa berjalan lancar, maka target pertumbuhan ekonomi pun bisa tercapai.

"Kalau target investasi yang kita berikan kepada BKPM tercapai yaitu kurang lebih Rp 900 triliun," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading