Bikin Diabetes, Minuman Teh Hingga Kopi Botolan Kena Cukai!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
19 February 2020 12:12
Bikin Diabetes, Minuman Teh Hingga Kopi Botolan Kena Cukai!
Jakarta, CNBC Indonesia - Diabetes menjadi penyakit paling mematikan ternyata. Baik di dunia maupun di Indonesia sendiri.


Diabetes menyebabkan stroke sampai gagal ginjal. Untuk itu, pemerintah siap menerapkan cukai untuk minuman berpemanis termasuk soda.

"Di beberapa negara pengendalian gula dilakukan agar lebih sehat. Di Singapura, program prioritas juga mengurangi diabetes," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung DPR, Rabu (19/2/2020).


Adapun, sambung Sri Mulyani biaya pengobatannya cukup besar. Maka, Singapura menerapkan kampanye besar-besaran.




"Untuk itu minuman pemanis diharapkan disetujui obyek cukainya. Kami mengusulkan minuman yang mengandung gula dan pemanis, yang siap untuk dikonsumsi kena cukai," kata Sri Mulyani.

"Jadi kayak kopi sachet, botol, itu yang semua isinya banyak gulanya jadi obyek cukai," tambah Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, akan ada pengecualian untuk minuman yang non-pabrikasi. Seperti minuman dari UMKM yang menggunakan madu, jus sayur tanpa tambahan gula.

Menurut Sri Mulyani, dalam paparannya banyak sekali penyakit yang ternyata berdampak serius akibat gula. Ia pun memaparkan contohnya.

Bikin Diabetes, Minuman Teh Hingga Kopi Botolan Kena Cukai!Foto: Penyakit Akibat Konsumsi Gula Berlebihan (Dok. Kemenkeu)





[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading