Pengumuman! Bawang Putih Impor China Segera Masuk RI

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
13 February 2020 16:23
Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan bawang putih asal China masih boleh masuk ke Indonesia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan bawang putih asal China masih boleh masuk ke Indonesia. Sebab, bawang putih dinyatakan bukan sebagai pembawa virus corona.

Sekretaris Jenderal Kemendag Oke Nurwan mengatakan, yang dilakukan pelarangan hanya untuk hewan hidup pembawa virus corona.

"Diputuskan ada pemberhentian sementara, atau larangan sementara impor binatang hidup, tidak termasuk produk ikan. Begitu juga dengan bawang putih, bukan carrier virus," ujar Oke di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (13/2/2020).



Selain itu, Kemendag juga telah menerbitkan Surat Perizinan Impor (SPI) bawang putih dengan volume 62.000 ton sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian. Hal ini guna menjaga harga bawang putih yang melonjak tinggi karena pasokan yang menipis.

"Bawang putih. Saat ini harga naik dan kita sudah lakukan pengendalian," kata dia.

Selain memberikan perizinan impor, Kemendag juga melakukan pengawasan di tingkat importir agar tidak ada yang menahan stok dan sebabkan harga makin tinggi.

Pengumuman! Bawang Putih Impor China Segera Masuk RIFoto: Wisma Putra



"Kalau ada stok, segera dikirim ke distributor, segera disebar. Kita melakukan pengawasan, stok tersedia dan segera didistribusikan," jelasnya.

Oke menilai, hingga saat ini para importir sudah melakukan distribusi stok bawang putih dengan baik dan tidak melihat adanya spekulan. Apalagi nanti akan ada lagi stok bawang putih impor yang segera tiba di RI.

"Tentu mereka juga akan segera distribusi secara alami karena mereka perlu menyikapi ketersediaan untuk pasokan yang baru akan datang dan segera didistribusikan," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading