BI Ingin Tahun Ini Bayar Pajak Motor dan Mobil Secara Online

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
13 February 2020 12:31
BI Ingin Tahun Ini Bayar Pajak Motor dan Mobil Secara Online
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo berharap tahun ini semua transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bisa dilakukan secara online.

Hal ini sejalan dengan langkah BI yang selama ini mendorong elektronifikasi yang tidak hanya di pusat tapi juga hingga ke daerah.

"Target 2020 bagaimana kita elektronifikasi pajak kendaraan bermotor (PKB)," kata Perry di Gedung Kemenko Perekonomian, Kamis (13/2/2020).


Menurutnya, tidak hanya PKB saja, BI juga berharap tahun ini pembayaran untuk retribusi daerah bisa dilakukan secara online. Dengan demikian, sumber penerimaan dari daerah bisa tersebut bisa menjadi lebih tertata.

Kemudian, ia menjelaskan saat ini bahkan untuk pembayaran gaji, semua Pemda sudah menggunakan elektronifikasi atau secara online.

"Mengenai payroll seluruh Pemda, baik Provinsi, Walikota maupun kabupaten itu semua sudah ter-elektronifikasi. Selama ini kami mendukung elektronifikasi tidak hanya Pemda tapi juga BUMD," kata dia.

Lanjut Perry, BI juga tengah melakukan sosialisasi untuk layanan pembayaran QRIS yang tidak hanya untuk di pusat tetapi juga hingga pelosok daerah. Untuk ini, BI bekerjasama dengan pusat perbelanjaan hingga fintech untuk mempercepat ini.

"Sekarang sudah ada 2,5 juta merchant yang teregister secara nasional."


[Gambas:Video CNBC]








(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading