Ramalan Bos BI: Ekonomi RI Kuartal III-2021 Tumbuh 5%

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
21 September 2021 15:08
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo Saat Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan September 2021. (Tangkapan Layar Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2021 diperkirakan bisa mencapai 5%. Angka prediksi ini sedikit lebih rendah dari realisasi pada kuartal sebelumnya.

"Perkiraan kami di kuartal 3 pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5% yoy [year on year]," ungkap Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG), Selasa (21/9/2021).

Perry menyadari, perekonomian Indonesia mengalami pelemahan pada Juli 2021 seiring dengan pengetatan mobilitas saat lonjakan Covid-19. Kondisi ini terjadi hingga awal Agustus.


Tetapi berikutnya kasus Covid-19 di RI yang mulai menurun membuat pemerintah kembali melonggarkan mobilitas dan berdampak positif terhadap perekonomian.

"Peningkatan kinerja ekspor, PMI [Purchasing Managers' Index] manufaktur, penjualan eceran dan nilai transaksi yang tercermin di dalam sistem kliring nasional BI pembayaran retail dan RGTS [Real Time Gross Settlement] menunjukkan peningkatan minggu ketiga dan keempat di Agustus," jelasnya.

"Dan diperkirakan akan lebih baik di bidang kesehatan dan BI bersyukur bisa berpartisipasi ikut mendanai APBN untuk kesehatan dan perlinsos," lanjut Perry.

Pada kuartal IV 2021, BI memperkirakan ekonomi bisa tumbuh sebesar 4,5%.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading