Kemenkes Buka Suara Soal Turis China Suspect Corona di Bali

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 February 2020 11:57
Kemenkes buka suara soal turis China suspect Corona di Bali
Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini beredar kabar, seorang warga negara China bernama Jin terinfeksi virus corona jenis baru COVID-19. Hal ini dilaporkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Kota Huainan, Provinsi Anhui pada (5/2/2020).

Berdasarkan informasi dari akun resmi Pemerintah Provinsi Anhui di laman Weibo, Jin dikabarkan sempat berkunjung ke Bali pada akhir Januari lalu.

Jin disebut terbang ke Bali dari Wuhan menggunakan maskapai Lion Air pada 22 Januari. Seminggu setelahnya, Jin melakukan perjalanan ke Shanghai dengan Garuda Indonesia pada 28 Januari.


Mengenai hal ini, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P)  Kementarian Kesehatan menjawab akan segera memberikan informasi terkait hal tersebut siang ini.


[Gambas:Video CNBC]





"Nanti jam 14.00 akan ada penjelasan di kemkes (Kementerian Kesehatan) sekaligus terkait Natuna," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (13/2/2020).

Meski begitu, hingga saat ini belum diketahui apakah WNA tersebut terinfeksi virus corona jenis baru saat sedang melakukan perjalanannya ke Bali, atau tidak.

Sementara itu, Lion Air juga menjelaskan terkait satu penumpang dari Wuhan yang dikabarkan terindikasi virus corona, bahwa Lion Air menerima keterangan setelah seluruh awak pesawat dan penumpang dilakukan pemeriksaan, pengecekan oleh tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan/ KKP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dinyatakan tidak terindikasi (tidak memiliki tanda-tanda) terkena virus dimaksud.
 
Ketika pesawat berada pada pelataran parkir bandar udara (apron), petugas teknisi bekerjasama dengan pihak terkait melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading