Internasional

Telepon Raja Salman Xi Jinping Ajak Arab Perangi Corona

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
07 February 2020 12:04
Telepon Raja Salman Xi Jinping Ajak Arab Perangi Corona
Jakarta, CNBC Indonesia - Di tengah serangan virus corona yang terus mengganas di China dan seluruh dunia, Presiden China Xi Jinping dikabarkan melakukan panggilan telepon dengan
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saudi Kamis (6/2/2020).

Kedua pemimpin disebut membahas "perang" dalam panggilan itu. Namun, perang itu bukan untuk dilakukan melawan sesama negara. Tapi lebih kepada perang melawan virus corona yang telah menewaskan 600 lebih orang di beberapa negara per Jumat pagi ini.

Dalam kesempatan itu, Xi mengatakan Saudi sangat menghargai tindakan keras yang diambil oleh pemerintah China dalam memerangi epidemi. Saudi juga percaya bahwa China pasti akan memenangkan pertempuran melawan coronavirus yang mematikan.

"Pihak Saudi sangat menghargai kemitraan strategis komprehensifnya dengan China, dan akan tetap setia dengan China dalam situasi apapun," tulis Xinhua, mengutip pernyataan Xi.

Dalam panggilan itu, Xi juga menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman dan pihak Saudi yang telah membantu China memerangi epidemi yang telah menjangkiti lebih dari 30 ribu orang di seluruh dunia hingga Jumat pagi, sejak ditemukan pada Desember lalu.

"(Saya) sangat menghargai Raja Salman dan pihak Saudi yang telah berulang kali menyatakan dukungan tegas mereka kepada China pada saat kritis ini ketika China memerangi epidemi pneumonia yang disebabkan oleh novel coronavirus, yang telah sepenuhnya menunjukkan persahabatan yang tulus dan tingkat tinggi kemitraan strategis yang komprehensif antara kedua negara."

"China siap bekerja sama dengan Arab Saudi untuk saling mendukung kepentingan utama dan keprihatinan utama masing-masing negara, dan mendorong pengembangan hubungan bilateral yang lebih besar," tambah Xi.

Lebih lanjut, Xi juga menyebut bahwa China sendiri telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan kontrol yang paling teliti dan ketat untuk memerangi wabah corona yang berasal dari kota Wuhan itu.

"Saat ini, upaya ini menghasilkan hasil positif," kata Xi, sebelum menambahkan bahwa negaranya dan negara-negara lainnya di dunia pasti akan bisa 'mengalahkan' virus corona.



[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading