Wabah Corona

Jokowi: RI Tidak Mengizinkan Semua Pendatang dari RRT

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 February 2020 13:47
Jokowi: RI Tidak Mengizinkan Semua Pendatang dari RRT
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi memutuskan beberapa kebijakan penting terkait antisipasi pencegahan penyebaran virus corona ke Indonesia dari China. Selain menghentikan penerbangan penumpang dari dan ke China sejak Rabu (5/2), Jokowi juga tak mengizinkan pendatang dari China ke Indonesia, termasuk sebatas transit.

"Indonesia menunda seluruh penerbangan langsung dari dan ke Tiongkok, tidak mengizinkan semua pendatang dari RRT atau yang sudah di sana selama 14 hari untuk masuk dan transit di Indonesia, dan beberapa kebijakan lain akibat penyebaran virus korona di negara itu," kata Jokowi dikutip dari laman media sosialnya, Rabu (5/2).

Jokowi dalam Ratas di Istana Bogor, Selasa (4/2) sudah meminta jajaran pemerintah terkait untuk menghitung secara cermat dampak penerapan kebijakan tersebut terhadap perekonomian Indonesia.




"Apalagi mengingat RRT merupakan negara tujuan ekspor pertama dengan pangsa pasar 16,6 persen dari total ekspor Indonesia. RRT juga merupakan negara asal impor terbesar bagi Indonesia," katanya.

"Kendati demikian, kebijakan itu harus diambil untuk melindungi seluruh rakyat Indonesia di Tanah Air," kata Jokowi.



[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading