China Kritik Langkah RI Tunda Penerbangan, Ini Respons Menhub

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 February 2020 17:44
China Kritik Langkah RI Tunda Penerbangan, Ini Respons Menhub
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Republik Indonesia menunda sementara seluruh penerbangan dari dan menuju China mulai Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 WIB. Kebijakan itu diambil lantaran penyebaran virus corona semakin masif.

Merespons kebijakan itu, Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian menilai kebijakan Pemerintah RI berlebihan (overreact). Lantas bagaimana tanggapan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi?

"Kan yang kita lakukan ini sama (dengan) yang diberlakukan oleh negara-negara lain. Kita sebetulnya sangat hati-hati untuk melakukan itu," ujar Budi Karya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).


Lantas, bagaimana dengan kargo? Budi Karya mengatakan pemerintah sedang memikirkan hal tersebut.

"Pada dasarnya kan barang itu enggak ada masalah. Jadi yang sedang kita akan finalisasikan itu barang tetap bisa jalan tapi awak pesawatnya itu tidak turun atau awak kapalnya tidak turun dan kita periksa," katanya.



Pada hari ini, Dubes China untuk Indonesia Xiao Qian memberikan keterangan pers terkini perihal penyebaran virus corona. Salah satu sorotan dia adalah kebijakan Pemerintah RI menunda sementara seluruh penerbangan dari dan menuju China mulai Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 WIB. Xiao pun menilai dalam situasi ini, semua pihak harus tenang.

"Tidak perlu terlalu overreact dan memberikan dampak negatif terhadap perdagangan, investasi dan pergerakan orang," katanya.
(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading