Proyek Terminal 4 Soekarno-Hatta Bakal Telan Biaya Rp 14 T

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 January 2020 10:53
Bandara Soekarno-Hatta akan ada tambahan terminal baru, sebagai terminal 4.
Tangerang, CNBC Indonesia - PT Angkasa Pura II (AP II) siap memenuhi perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun terminal 4 (T4) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Kebutuhan anggaran untuk Terminal 4 sudah mulai dihitung.

"Nilai investasinya saya perkirakan tidak akan kurang dari sekitar Rp 12-14 triliun untuk satu gedung terminal 4," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di kantornya, Jumat (24/1/20).

Saat ini, pihaknya fokus mempercepat desain T4. Kick off perumusan desain T4 sudah dilakukan pada 27 Desember 2019 lalu.


"Saya akan pastikan bahwa di akhir 2020 ini desain gedung terminal 4 sudah selesai sehingga kami bisa mulai untuk fase konstruksi awal di awal 2021," imbuh Awaluddin.



Dia menyebut, kebutuhan lahan untuk T4 sebesar 102 hektare. Dari kebutuhan itu, ia menyebut tidak perlu ada pembebasan lahan karena semuanya telah tersedia di kawasan Bandara Soetta.

"Ini memang lahan terakhir yang memang kita khususkan untuk terminal 4," beber Awaluddin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar terminal 4 Bandara Soetta segera dibangun. Permintaan tersebut disampaikan di sela peresmian sejumlah fasilitas di Bandara Soetta pada Kamis (23/1/20) kemarin.

"Saya tanyakan lagi karena sudah pernah saya perintahkan setahun yang lalu, untuk membangun segera lagi terminal yang ke-4," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Dirut Angkasa Pura II sudah menyampaikan, desain akan segera diselesaikan secepatnya sehingga bisa segera dimulai pembangunannya. Diharapkan 2022 atau paling lambat awal 2023 terminal 4 Bandara Soetta sudah bisa operasi.

"Karena sudah kelihatan traffic semakin banyak, penumpang semakin banyak, jangan kita menunggu sampai penuh lagi. Sebelum penuh itu harus disiapkan dulu sehingga masyarakat, rakyat terlayani oleh Bandara Soekarno-Hatta ini," kata Jokowi.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading