Tuduhan ke Iran Terbukti Benar, Trudeau Raup Banyak Pujian

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 January 2020 20:45
Tuduhan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Iran yang ia sebut telah menyebabkan jatuhnya pesawat milik Ukraine International Airlines terbukti benar.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tuduhan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Iran yang ia sebut telah menyebabkan jatuhnya pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Ukraine International Airlines terbukti benar.

Pada Sabtu lalu Iran akhirnya mengakui bahwa mereka telah secara tidak sengaja menembak pesawat yang membawa 176 penumpang itu hingga hancur.

Menanggapi ini, pengamat politik Kanada mengatakan pengakuan Iran ini dipastikan akan membuat Trudeau bisa memperoleh semakin banyak dukungan di dalam negeri.


"Ini membantu (Trudeau) untuk menunjukkan dan meyakinkan orang Kanada bahwa Kanada akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan penjelasan, mengumpulkan bukti dan mendapatkan keadilan bagi keluarga yang kehilangan orang yang dicintainya," kata Paul Thomas, profesor emeritus studi politik di University of Manitoba, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Reaksinya yang hati-hati pada hari-hari setelah kecelakaan telah terbukti benar," tambah Roland Paris, mantan penasihat kebijakan luar negeri Trudeau dan profesor urusan internasional di Universitas Ottawa.


Bahkan, kritikusnya yang paling sengit, Perdana Menteri Alberta Jason Kenney, juga sampai memuji Trudeau.

"Terima kasih kepada Perdana Menteri @JustinTrudeau untuk kata-kata kerasnya yang meyakini bahwa militer Iran menembak jatuh Penerbangan 752 UIA," cuit Kenney di Twitternya.

Iran menembak jatuh Boeing 737-800 Ukraina pada Rabu, bertepatan dengan serangan rudal yang diluncurkan negara itu ke pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak. Serangan itu merupakan balasan atas serangan AS pada pekan lalu di Bandara Internasional Irak. Dalam serangan yang diperintahkan Presiden AS Donald Trump itu, beberapa orang penting Iran, termasuk Jenderal Qasem Soleimani, tewas.

Soleimani merupakan pimpinan Pasukan Quds Iran. Ia juga dikenal sebagai sosok paling penting nomor dua di Iran dan dikenal sebagai tokoh revolusioner Iran. Kematiannya telah membuat Iran bersumpah untuk membalas AS.


Sebelumnya, beberapa jam setelah kecelakaan terjadi, pihak Iran mengumumkan bahwa penyebab kecelakaan kemungkinan adalah kerusakan mesin. Namun, Trudeau menyatakan keraguannya pada Iran.

"Kami memiliki intel dari banyak sumber, termasuk koalisi dan milik kami sendiri. Bukti-bukti menunjukkan bahwa pesawat itu ditembak oleh misil Iran," katanya, sebagaimana dikutip AFP, Jumat.

Pernyataan Trudeau itu disampaikan setelah sebelumnya ia mengumumkan bahwa sekitar 63 warga Kanada menjadi korban pesawat jatuh itu dan menuntut Iran untuk mengijinkan negaranya berpartisipasi dalam penyelidikan.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading