Internasional

Candaannya Buat Trump Ngambek di NATO, Ini Kata Trudeau

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 December 2019 15:13
Candaannya Buat Trump Ngambek di NATO, Ini Kata Trudeau
Jakarta, CNBC Indonesia - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akhirnya buka suara mengenai isu dirinya menggosipkan tentang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dengan para pemimpin dunia di acara peringatan ke-70 Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pada Rabu (4/12/2019), Trudeau mengakui bahwa ia dan para pemimpin dunia lainnya memang sedang membicarakan Trump, sebagaimana yang ditunjukkan dalam cuplikan video yang pertama kali dilaporkan oleh media CBC.


Hal itu diungkapkannya setelah ia dikritik Trump dan disebut 'bermuka dua' oleh presiden kontroversial itu.

"Tadi malam saya membicarakan fakta bahwa ada konferensi pers yang tidak dijadwalkan dilakukan sebelum pertemuan saya dengan Presiden Trump. Saya senang menjadi bagian dari itu tetapi tentu saja hal itu penting untuk diperhatikan," kata Trudeau saat konferensi pers hari Rabu.

Mengutip laporan CNN, dalam video itu terlihat Trudeau bersama Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, sedang menertawakan perilaku Trump selama pertemuan yang diadakan di Istana Buckingham, Inggris itu.

Dalam video berdurasi 25 detik itu Trudeau secara jelas mengejek Trump yang telah lebih dulu mengadakan konferensi pers selama lebih dari 40 menit.

"Dia terlambat karena dia mengadakan ... konferensi pers 40 menit lebih.," katanya. "Kau baru saja menyaksikan rahang timnya jatuh ke lantai."

Pernyataan itu disampaikan Trudeau setelah ditanyai Johnson mengenai alasan keterlambatannya.

Meski tidak ada nama Trump dengan jelas disebutkan dalam video itu. Namun, Trump merupakan satu-satunya pemimpin yang datang terlambat di acara itu setelah melakukan konferensi pers mengenai lokasi pertemuan bilateral Kelompok G7 yang akan diadakan dalam waktu dekat.

Setelah video itu viral, Trump secara tiba-tiba langsung membatalkan konferensi pers yang sudah dijadwalkan untuk dilakukan pada penutupan pertemuan NATO.


"Ketika pertemuan hari ini selesai, saya akan kembali ke Washington," kata Trump dalam serangkaian tweet.

"Kami tidak akan melakukan konferensi pers pada penutupan NATO karena kami sudah melakukan begitu banyak (konferensi pers) selama dua hari terakhir. Hati-hati di perjalanan untuk semuanya!"

Presiden kontroversial itu juga menyebut Trudeau bermuka dua.

"Dia bermuka dua," kata Trump.


"Saya menganggap dia orang yang sangat baik tetapi kenyataannya saya memanggilnya dengan fakta bahwa dia tidak membayar 2% (anggaran pertahanan Kanada) dan saya kira dia tidak terlalu senang tentang hal itu."

Trump telah lama mengeluh tentang anggota NATO yang hanya membayarkan sedikit dana, dari apa yang seharusnya mereka bisa bayarkan untuk aliansi mereka. Ia telah membahas hal ini berulang kali selama pertemuan NATO dua kemarin.

Menurut sumber anggota NATO, Trump dan Trudeau sempat melakukan percakapan singkat pada Rabu pagi. Tetapi, Trudeau tidak meminta maaf dalam kesempatan itu.

Secara terpisah, seorang pejabat Kanada mengatakan Trudeau telah menjelaskan kepada Trump apa yang sebenarnya terjadi dalam video tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading