Hutan Australia Darurat Kebakaran, Ini Langkah Morrison

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
12 January 2020 18:40
Kebakaran besar yang tengah terjadi juga telah merenggut nyawa seorang petugas pemadam kebakaran di Victoria.
Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah berminggu-minggu mendapatkan kritik penanganan kebakaran hutan Australia, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan akan mengusulkan review secara nasional terkait respons terhadap bencana. Kebakaran besar yang tengah terjadi juga telah merenggut nyawa seorang petugas pemadam kebakaran di Victoria.

Dengan kebakaran semak Australia selama hampir tiga bulan sekarang, telah menewaskan 28 orang, merusak 2.000 rumah dan membakar jutaan hektar tanah dan satwa liar, krisis ini menjadi semakin politis. Morrison mengatakan dia akan mengajukan penyelidikan yudisial yang kuat, yang dikenal sebagai Komisi Kerajaan, ke dalam penanganan kebakaran.

"Jelas ada kebutuhan untuk tinjauan nasional terhadap respon," kata Morrison dalam sebuah wawancara dengan televisi ABC, dilansir dari Reuters, Minggu (12/01/2020).



Komisi kerajaan menurut Morrison diperlukan untuk kondisi ini dan dia akan mengambil proposal melalui kabinet untuk tujuan itu, meski tetap harus dilakukan dengan konsultasi dengan negara bagian dan teritori.

Kondisi cuaca yang lebih dingin telah memberikan waktu bagi banyak daerah Australia yang terbakar selama akhir pekan. Tetapi pihak berwenang mengatakan risikonya masih jauh dari selesai dan cuaca yang lebih panas diperkirakan akan segera terjadi.

Menghadapi tekanan yang meningkat untuk berbuat lebih banyak dalam mengatasi perubahan iklim, Morrison, yang sejauh ini menentang dalam menolak hubungan apapun antara kebijakan iklim konservatif pemerintahnya dan kebakaran hutan, mengatakan pemerintahnya akan melihat ke dalam peningkatan kinerjanya dalam membatasi emisi.

"Kami ingin mengurangi emisi dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan menjadi lebih baik, lebih baik, dan lebih baik dalam hal itu," katanya.

"Saya ingin melakukan itu dengan kebijakan seimbang yang mengakui kepentingan ekonomi nasional dan kepentingan sosial Australia yang lebih luas," lanjut Morrison.

Pihaknya juga mengatakan bahwa akan ada lebih banyak layanan kesehatan mental akan tersedia untuk orang-orang yang terkena dampak kebakaran. Morrison juga menolak kritik bahwa belum melakukan usaha maksimal sebelum musim kebakaran dimulai.

"Ada hal-hal yang bisa saya tangani di tanah jauh lebih baik. Ini adalah lingkungan yang sensitif, ada lingkungan yang sangat emosional; perdana menteri adalah manusia juga dalam berhubungan dengan orang lain," katanya.

Berikut adalah peristiwa penting dalam krisis:

1. Sejak Oktober, dilakukan evakuasi terhadap ribuan warga Australia karena kebakaran besar dan tak terduga dapat menghanguskan lebih dari 10,3 juta hektar, wilayah yang kira-kira seluas Korea Selatan.

2 Di New South Wales, 123 kebakaran masih terjadi pada hari Minggu, 50 di antaranya tidak dalam kondisi gawat. Sekitar 2.000 rumah hancur di negara bagian itu.

3. Sejumlah kebakaran yang membakar di wilayah Pegunungan Snowy di New South Wales dan melintasi Victoria telah bergabung di lebih dari 600.000 hektar tanah. Kebakarqn tidak menimbulkan ancaman, kata pihak berwenang, meskipun berada di daerah yang sulit dijangkau.

4. Pemerintah mengatakan pada hari Minggu lebih banyak layanan dukungan kesehatan mental akan diberikan kepada petugas pemadam kebakaran, personel darurat, individu dan masyarakat yang terkena dampak bencana.

5. Ribuan warga Australia turun ke jalan pada hari Jumat untuk memprotes kelambanan pemerintah tentang perubahan iklim, dan didukung oleh pengunjuk rasa di London.

6. Westpac memperkirakan total kerugian kebakaran hutan hingga saat ini sekitar AUS$ 5 miliar (US$ 3,4 miliar), lebih tinggi dari kebakaran hutan 2009 di Victoria tetapi lebih kecil dari banjir di Queensland pada 2010-2011.

7. Resor pegunungan Australia telah membersihkan mesin pembuat salju musim dingin untuk meledakkan air dingin ke lereng ski yang kering.

8. Dewan Asuransi Australia memperkirakan total klaim bisa mencapai lebih dari AUS$ 900 juta perkiraan kerusakannya akibat kebakaran, dan mereka diperkirakan masih bisa meningkat.

9. Pejabat kesehatan di New South Wales mendesak tindakan pencegahan ekstra untuk menghindari penyakit terkait panas.

10. Kebakaran hutan di Australia ini lebih besar dibandingkan kebakaran di Brasil, California dan Indonesia digabungkan.

11. Morrison telah menjanjikan AUS$ 2 miliar (US$ 1,4 miliar) kepada National Bushfire Recovery Agency yang baru dibentuk.

12. Sekitar 100 petugas pemadam kebakaran dari Amerika Serikat dan Kanada membantu, dengan 140 lainnya diharapkan dalam beberapa minggu mendatang.

13. Kebakaran telah mengakibatkan 400 megaton karbon dioksida dan menghasilkan polutan berbahaya, kata program pemantauan Copernicus Uni Eropa.

14. Asap telah melayang melintasi Pasifik, memengaruhi kota-kota di Amerika Selatan, dan mungkin telah mencapai Antartika, kata Badan Meteorologi Dunia AS.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading