Internasional

Ngeri! Hutan Terbakar, Langit Australia Masih Merah Membara

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
06 January 2020 09:44
Australia masih belum bisa memadamkan kebakaran hutan di wilayah New South Wales dan Victoria
Jakarta, CNBC Indonesia - Langit Australia tampak memerah akibat kebakaran yang terjadi di negara tersebut. Api membakar sebagian hutan Australia Selatan karena suhu mencapai 40 derajat C (104 F) di sebagian besar negara bagian.


Pada Jumat pekan lalu (3/1/2020), pihak berwenang mendesak warga Australia untuk mengevakuasi diri dari beberapa bagian timur negara bagian New South Wales dan Victoria. Ini dilakukan untuk menghindari kebakaran hutan yang dikhawatirkan terus terbakar di luar kendali.


"Jika mereka menghargai keselamatan mereka, mereka harus pergi," kata Michael Grainger dari responden darurat polisi negara itu, seperti dilansir dari Reuters, Senin (6/1/2020). 
"Saya kira barang-barang pribadi sangat, sangat kecil nilainya dalam keadaan ini. Ini adalah situasi yang mengerikan," ujarnya lagi.



Pihak berwenang pun menyarankan puluhan ribu wisatawan untuk meninggalkan taman nasional dan kawasan wisata di pantai selatan New South Wales. Dari bencana tersebut korban tewas dikonfirmasi menjadi delapan orang dan 28 orang lainnya hilang.



Di Victoria, kapal laut Choules dan Sycamore memulai evakuasi sekitar seperempat dari 4.000 orang yang terdampar di pantai di kota Mallacoota yang terpencil.

Dengan jalan yang ditutup, transportasi laut dan beberapa pengangkutan udara adalah satu-satunya jalan keluar dari kota yang dilanda bencana ini. meskipun asap tebal menghalangi penerbangan.

Sementara itu, Perdana Menteri Scott Morrison menerima amukan dari masyarakat khususnya warga Corbago New South Wales. Mereka mengkritik pemimpin itu seraya berkata bahwa Morrison harus malu pada dirinya sendiri karena meninggalkan negara itu terbakar.


Pemerintah konservatif Morrison telah lama menuai kritik karena tidak melakukan cukup banyak untuk memerangi perubahan iklim, sebagai penyebab kekeringan dan kebakaran hebat Australia. Kebakaran musim ini diketahui telah menghanguskan lebih dari 5,25 juta hektare hutan semak.


[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading