Internasional

Mengenal Avangard, Senjata Hipersonik Baru Rusia

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
30 December 2019 12:40
Mengenal Avangard, Senjata Hipersonik Baru Rusia
Jakarta, CNBC IndonesiaRusia mulai mengoperasikan rudal hipersonik baru miliknya bernama Avangard. Senjata ini bahkan diklaim lebih canggih dari senjata manapun termasuk milik AS.

Lalu, seperti apa kecanggihan Avangard?


Avangard sebenarnya bukan rudal baru. Ia sudah dikembangkan oleh Rusia sejak 2018 lalu.


Pengujian secara serius bahkan dilakukan 2018. Dari laporan TASS, Avagard dikabarkan memiliki jangkauan antarbenua dan kemampuan untuk terbang secepat Mach 20, lebih dari 15.000 mph.

Hipersonik sendiri didefinisikan memiliki kecepatan Mach 5 atau lebih dari 3.806 mph. Avangard bahkan disebut mampu menghindari radar pertahanan AS.

"Tidak ada satu negara pun yang memiliki senjata hipersonik, apalagi senjata hipersonik rentang benua," kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada pertemuan dewan Kementerian Pertahanan Rusia.


Dari data CNBC International, media itu melaporkan bahwa Rusia sebenarnya sudah menguji Avangard sebanyak dua kali pada 2016. Tes ketiga dilakukan lagi pada Oktober 2017.

Namun sayangnya di tes ketiga itu, Avangard gagal. Ia jatuh beberapa detik sebelum mencapai target.

Sementara itu, AS dikabarkan belum memiliki senjata lain untuk menandingi Avangard. Dengan kecepatan dan kemampuan manuvernya, Avangard dikatakan akan sulit sekali dilacak dan dikalahkan.

Meski demikian, Pentagon dikabarkan tengah mengembangkan senjata baru. Menteri Pertahanan Mark Esper bahkan mengatakan bahwa senjata itu bisa digunakan beberapa tahun lagi.

Hubungan Rusia dan AS kerap 'putus-nyambung'. Terakhir ini, hubungan sedikit memanas karena AS meloloskan RUU tentang sanksi bagi perusahaan-perusahaan asing yang terlibat dalam pembangunan pipa gas Nord Stream Two yang membentang dari Rusia ke Jerman.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading