Kadin Hingga Asosiasi Respons Positif Zulkifli Jadi Dirut PLN

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 December 2019 20:48
Mereka menilai Zulkifli dan Amien Sunaryadi sebagai pasangan yang tepat untuk PLN.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kamar Dagang dan Industri Indonesia maupun sejumlah asosiasi di sektor ketenagalistrikan merespons positif keputusan Presiden Joko Widodo memilih Zulkifli Zaini sebagai direktur utama dan Amien Sunaryadi selaku komisaris utama PT PLN (Persero).

Menurut Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani, pengalaman Zulkifli dan Amien akan meningkatkan profesialisme dan transparansi manajemen PLN. Semua itu, lanjut Rosan, akan memberikan dampak yang positif pada peningkatan kualitas pelayanan dan performa PLN ke depan.

"Kami pelaku usaha akan terus membina hubungan dan kerjasama yang baik dengan PLN untuk mewujudkan sinergitas yang akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin baik," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (23/12/2019).


Ketua Umum Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) Arthur Simatupang menilai pasangan Zulkifli dan Arief tepat untuk mendukung upaya PLN dalam meningkatkan kinerja, profesionalisme dan transparansi perusahaan.

"Harapan kami rencana ini juga akan membuat iklim investasi ketenagalistrikan yang semakin kondusif sehingga semua pelaku usaha termasuk swasta dapat lebih berperan dalam mendukung PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia," kata Arthur.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia Pandu Sjahrir. Menurut dia, Zulkifli dan Amien merupakan kombinasi yang serasi antara profesionalisme dan transparansi.

"Kami sebagai pelaku di industri ini berharap dengan pengalaman Pak Zulkifli sebagai profesional di Bank Mandiri, dan Pak Amien sebagai Wakil Ketua KPK, dapat mendukung upaya PLN dalam meningkatkan profesionalisme dan transparansi perseroan. Dan tentunya kami, bersama dengan seluruh stakeholders, berkomitmen untuk terus mendukung PLN dalam menjalankan berbagai program elektrifikasi di Indonesia," ujar Pandu.



RUPS PLN yang digelar pada Senin (23/12/2019) memutuskan mengangkat Zulkifli sebagai dirut PLN. Usai menerima surat keputusan, dia mengatakan mendapat beberapa amanat dan pesan dari Menteri BUMN Erick Thohir.

"Pertama adalah harus mampu atasi pemadaman listrik, security of supply," ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Senin (23/12/2019).

Berikutnya adalah soal tarif yang harus terjangkau dan berkeadilan. Untuk melaksanakan itu, semua bisa dijalankan jika keuangan perusahaan baik.

"Tidak ada perusahaan yang mampu laksanakan mandat kecuali keuangan baik. Jadi kami direksi dan komisaris akan mengupayakan agar keuangan PLN adalah sehat, neraca sehat, cashflow sehat," kata Zulkifli.

Kemudian, operasional PLN juga harus efisien, artinya didukung oleh tata kelola organisasi yang baik dan efisien secara sumber daya yang solid.

"PLN diharapkan untuk kompeten, saling kerja sama sinergi dan memiliki orientasi untuk melayani," ujar Zukifli.

Berikutnya adalah amanat untuk memanfaatkan energi baru dan terbarukan.

"Itu hal yang dilakukan ke depan dan barang tentu saya bersama dengan tim direksi mohon support komisaris untuk laksanakan hal tersebut," kata eks dirut Bank Mandiri itu.

Susunan Komisaris PLN
1. Amien Sunaryadi: Komisaris Utama/Komisaris Independen
2. Suahasil Nazara: Wakil Komisaris Utama
3. Ilya Avianti: Komisaris
4. Rida Mulyana: Komisaris
5. Deden Juhara: Komisaris Independen
6. Budiman: Komisaris

Susunan Direksi PLN
1. Zulkifli Zaini: Direktur Utama.
2. Darmawan Prasodjo: Wakil Direktur Utama
3. Sinthya Roesly: Direktur Keuangan
4. Sripeni Inten Cahyani: Direktur Pengadaan Strategis 1
5. Djoko Raharjo Abumanan: Direktur Pengadaan Strategis 2
6. Muhamad Ali: Direktur Human Capital Management
7. Syofvi Felienty Roekman: Direktur Perencanaan Korporat
8. Haryanto W.S: Direktur Bisnis Regional Jawa,Madura dan Bali
9. Syamsul Huda: Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan
10. Ahmad Rofiq: Direktur Bisnis Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.
11. Wiluyo Kusdwiharto: Direktur Bisnis Regional Sumatera.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading