Sri Mulyani: Mardiasmo & Robert Pakpahan Jadi Pengawas Pajak

News - Lidya Kembaren, CNBC Indonesia
20 December 2019 15:47
Sri Mulyani mengangkat Mardiasmo & Robert Pakpahan jadi pengawas pajak.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik anggota Komite Pengawas Perpajakan. Komite ini dijabat oleh beberapa mantan dan pejabat Kementerian Keuangan.

Sri Mulyani menjelaskan para anggota komite ini nantinya bertugas untuk memberikan rekomendasi di bidang perpajakan dan kepabeanan untuk meningkatkan kualitas dari kinerja masing-masing.

"Saya sampaikan terima kasih kepada anggota dan pimpinan komite dilantik. Wajah ini tidak asing," ujar Sri Mulyani di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jumat (20/12/2019).


Menurutnya, perpajakan sangat penting bagi Indonesia dalam fungsi mengelola perekonomian. Apalagi, saat ini perekonomian global melambat yang juga berdampak bagi penerimaan perpajakan dalam negeri.



"Indonesia di dalam rangka untuk meminimalisir dampak ketidakpastian memerlukan upaya keras reformasi secara struktural mulai dari kebijakan dari sisi administrasi, bisnis, proses, SDM, IT sistem serta dari sisi legislasi. Kita perlu lakukan reformasi ini yang bukan perkara mudah," katanya.

Bendahara negara ini menjelaskan, Kemenkeu sudah melakukan reformasi perpajakan sejak 20 tahun terakhir dan ada sisi perbaikan tapi masih banyak pekerjaan rumah (PR) lain yang harus tetap diperbaiki.

Perbaikan mulai dari penerimaan pajak, efektivitas hingga kemudahan membayar pajak yang masih perlu untuk diperbaiki.

"Saya harap komite perpajakan mendampingi kita dengan pengalaman kalian, dengan pemahaman bagaimana ekonomi bekerja, birokrasi bekerja. Di dalam komite perpajakan berikan masukan kualitas tepat waktu, tepat isu kepada kami sehingga bisa memperbaiki dari institusi perpajakan," tegasnya.

Secara rinci, anggota komite pengawas perpajakan terdiri dari tujuh anggota yakni:

  • Mantan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo yang menjabat sebagai Ketua Komite
  • Mantan Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan menjabat sebagai Wakil Ketua Komite.
  • Inspektur Jenderal Kemenkeu Sumiyati sebagai anggota
  • Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto sebagai anggota
  • Marisi Zainuddin Sihotang sebagai anggota
  • Haula Rosdiana sebagai anggota
  • Anton Hermanto Gunawan sebagai anggota

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading