Milenial yang Bergaji Rp 2 Juta, Bisa Punya Rumah Nggak?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
19 December 2019 14:07
Milenial yang Bergaji Rp 2 Juta, Bisa Punya Rumah Nggak?
Jakarta, CNBC Indonesia - Keterbatasan anggaran subsidi perumahan dari pemerintah masih jadi persoalan bagi penyediaan rumah, khususnya untuk kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Namun ada solusi, khususnya bagi kalangan MBR bergaji Rp 2 juta untuk punya rumah.

Solusi ini ditawarkan Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) kepada pemerintah. Ketua Umum DPP Himperra, Endang Kawidjaja, menjelaskan bahwa para pengembang mengusulkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) berbasis komunitas.

Himperra mengusulkan, bagi kelompok sasaran Upah Minimun Rendah (UMR) di bawah Rp 2 juta, maka lahannya adalah tanggung jawab MBR yang pembeliannya lewat perbankan. Sedangkan bangunan rumahnya dibantu oleh pemerintah.


Dia menyebut, ada potensi 21-30 ribu unit rumah program BSPS berbasis komunitas. "Di Kendal, Jawa Tengah misalnya sudah jalan. Kerja sama komunitas, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan perbankan," kata Endang dalam acara Kongres I Himperra di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (19/12/2019).



Sebagai asosiasi pelaku pembangunan perumahan, dia mengaku perlu mengusulkan beberapa hal terkait solusi dan inovasi yang bisa dilakukan dan patut menjadi pertimbangan pemerintah atau lembaga terkait.

"Agar program sejuta rumah yang menjadi salah satu program strategis nasional berkelanjutan dan berjalan dengan baik," bebernya.

Solusi lain yakni pemanfaatan dana BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) untuk program subsidi perumahan bagi anggotanya. Selama ini, sekitar 70% pembeli rumah subsidi skema KPR FLPP yang dananya berasal dari pemerintah (APBN) itu adalah anggota BPJS-TK.

"Nah, jika 70 persen dari anggotanya itu bisa memanfaatkan dana program perumahan BPJS-TK, tentu akan lebih banyak lagi yang bisa memiliki rumah subsidi. Misalnya tahun depan ada 168 ribu unit KPR FLPP, maka 70 persennya sudah berapa? Soal mekanisme pendanaan, bisa saja lewat reimburse perbankan," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading