Jokowi: Kereta Cepat Jakarta-Bandung & LRT Selesai 2021

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 December 2019 19:22
Jokowi mengatakan LRT dan kereta cepat ditargetkan selesai
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan proyek kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) dan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Kamis, (12/12/2019).

Kedua proyek dengan nilai investasi masing-masing Rp 29 triliun dan US$ 6 miliar tersebut diperkirakan rampung seutuhnya pada akhir 2021 mendatang. Dengan ini, maka transportasi Jakarta dan Bandung akan terintegrasi.

"Kereta cepat akan diselesaikan Insya Allah di akhir 2021. LRT akan selesai juga di akhir 2021. Semuanya akan selesai," kata Jokowi.


Peninjauan ini dilakukan Jokowi dan sejumlah jajaran menteri di atas jalan tol layang Jakarta - Cikampek II yang baru saja diresmikan. Jalan tol ini nantinya akan digratiskan, minimal hingga awal tahun 2020 mendatang.



Kedua proyek tersebut, sambung eks gubernur DKI Jakarta itu, nantinya akan terintegrasi antar transportasi satu sama lain. Misalnya, seperti stasiun kereta, bus Trans Jakarta, hingga stasiun LRT di Halim Perdanakusuma.

"Semuanya akan terintegrasi misalnya kereta cepat stasiun di Halim, LRT juga Halim, sehingga terkoneksi semuanya, bus TransJakarta. Saya minta gubernur DKI link-kan ke situ sehingga semuanya terintegrasi," katanya.

Jokowi bahkan memastikan proyek ini tak lagi memiliki masalah lahan. Jokowi menegaskan, pembebasan lahan proyek tersebut sudah hampir rampung 100% dan hanya tinggal menunggu pembangunan selesai.

"99,9% lahan sudah selesai. Ga ada masalah. Tinggal kerja lapangan karena kita tahu ruwetnya seperti itu," jelasnya.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading