Jokowi Kesal: Kebangetan 30 Tahun Tak Bangun Kilang Minyak!

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
11 December 2019 11:02
Di awal Desember 2019 ini, Presiden Jokowi mengungkapkan kekesalannya soal pembangunan kilang minyak yang tidak kunjung terealisasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Di awal Desember 2019 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekesalannya soal pembangunan kilang minyak yang tidak kunjung terealisasi. Menurutnya keterlaluan, selama 30 tahun lebih tidak ada kilang baru yang berhasil dibangun.

Pada 2 Desember 2019 lalu, di hadapan para pewarta Istana Kepresidenan, Jokowi mengungkapkan kekesalannya soal kilang minyak yang tak kunjung dibangun. Ini membuat Indonesia terus ketergantungan impor minyak, dan menyebabkan terjadinya defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD).

"Kenapa 30 tahun lebih kita tidak bangun satu kilang pun, padahal kilang ini ada produk turunannya. Masak sih kita masih impor terus. Ini ada apa? Ini gede banget kalau kita bisa membangun kilang," tutur Jokowi di Istana Negara pada 2 Desember 2019 lalu.


Jokowi Kesal: Kebangetan 30 Tahun Tak Bangun Kilang Minyak!Foto: Kilang RU V Balikpapan (dok Pertamina)


Kemudian kemarin, Jokowi kembali mengungkapkan kekesalannya soal kilang ini. Dia bercerita, telah bertemu oleh Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok yang sekarang menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Dalam pertemuan itu, Jokowi mengungkapkan soal perlunya segera dibangun kilang minyak baru di dalam negeri.



"Pembangunan kilang minyak itu harus, masak 34 tahun kita tidak bisa bangun kilang minyak, kebangetan! Saya minta untuk dikawal betul ini," tegas Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]


(wed/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading