Catat! Janji Jokowi Lampung-Aceh Nyambung Tol 5 Tahun Lagi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 December 2019 12:17
Presiden Jokowi akan menyambungkan Lampung-Aceh dengan tol dalam 5 tahun ke depan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan ruas jalan tol Trans Sumatera yang membentang dari Lampung hingga Aceh akan rampung dalam 4-5 tahun lagi atau 2023-2024.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi di sela-sela peresmian pengoperasian pabrik baru polyethylene PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (CAP II), di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Jumat (6/12/2019).

"Kita harapkan 4-5 tahun Lampung sampai Aceh sudah tembus," kata Jokowi.


Jokowi menegaskan akan mengecek betul kesiapan progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Dalam waktu dekat, Jokowi akan meresmikan bagian dari ruas tol Trans Sumatera.



"Sebentar lagi saya akan resmikan Kayu Agung - Palembang. [...] Semua ini dikerjakan tapi harus dicek terus. [...] orang-orang kita ini pinter," jelasnya.

Ruas tol trans Sumatera yang masih dalam proses konstruksi bakal beroperasi fungsional yang akan dioperasikan untuk masa libur Natal dan Tahun Baru.

Proyek tol di Pulau Sumatera atau Trans Sumatera sepanjang 2.974 Km ditargetkan rampung 2024. Pada akhir 2019 ini, dari Lampung hingga Aceh dijadwalkan sudah beroperasi 501,16 Km tol.

Hingga November 2019, sejumlah ruas yang terintegrasi dengan jaringan Tol Trans Sumatera, sudah beroperasi sepanjang 467,6 Km. Jumlah tersebut sudah termasuk ruas Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang belum lama ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu. Tol ini menyandang sebagai tol terpanjang di Indonesia dengan panjang sampai lebih dari 189 Km.

Berikut ruas Tol Trans Sumatera yang sudah operasional:

1. Bakauheni - Terbanggi Besar 141 Km,
2. Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung 189 Km
3. Palembang - Indralaya 22 Km
4. Medan - Binjai 10,46 km
5. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi 62,2 Km
6. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km (sebagai tol pertama di Sumatera)

Ruas tol Trans Sumatera selanjutnya akan beroperasi pada Desember 2019 adalah Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, progres ruas jalan tol tersebut sudah mencapai sekitar 97 persen. Dengan tambahan ruas tersebut, maka total panjang Trans Sumatera hingga akhir 2019 ditargetkan mencapai 501,16 Km.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading