Top! Jokowi Resmikan Tol Pertama di Riau Senilai Rp 12 T

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 September 2020 15:25
Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Hutama Karya)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan Tol Pekanbaru - Dumai, yang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera yang totalnya sepanjang 2.878 kilometer.

Tol Pekanbaru - Dumai sendiri membentang hingga 131,5 km yang biaya investasinya senilai Rp 12,18 triliun, yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor dan pengelola jalan tol tersebut. Ini merupakan jalan tol pertama di Riau.

"Alhamdulillah, pembangunan jalan Tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131,5 km dengan biaya Rp 12,18 triliun telah rampung dan telah selesai, dapat dioperasikan dengan penuh," kata Jokowi, Jumat (25/9).


Jokowi mengatakan, keberadaan jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Riau dengan Kota Dumai, sebagai kota pelabuhan, industri perminyakan, dan agri bisnis.

"Sudah bisa dimanfaatkan mendukung kegiatan produktif baik masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintas di Sumatera," katanya.

Jokowi mengatakan, keberadaan jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh antara kota Pekanbaru - Dumai. Sebelumnya, untuk melintasi wilayah tersebut harus menempuh jarak sekitar 200 km melalui jalan nasional.

"Jika lewat jalan to menjadi 131 km. Dengan kondisi ini, truk mengangkut sawit, mengankut minyak, mengangkut logistik dan mengangkut penumpang akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading