Internasional

Bukan Boeing, Maskapai AS Ini Malah Beli Pesawat Airbus

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
04 December 2019 13:25
Bukan Boeing, Maskapai AS Ini Malah Beli Pesawat Airbus Foto: United airlines (Travelpulse)
Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS), United Airlines membeli pesawat terbang jarak jauh (long-range) buatan maskapai asal Eropa, Airbus.

United Airlines yang berbasis di Chicago mengumumkan pemesanan 50 jet Airbus long-range jet itu pada Selasa (3/12/2019).


"United Airlines memesan 50 pesawat Airbus A321XLR untuk menggantikan Boeing 757-200 yang sudah tua, dan mengatakan akan mulai menggunakan pesawat untuk layanan internasional pada tahun 2024," tulis Reuters mengutip rilis perusahaan, Rabu.

Salah satu rute penerbangan internasional yang akan menggunakan pesawat jarak jauh ini adalah untuk tujuan Eropa. Penerbangan akan dibuka dari pusat East Coast, Newark dan Washington.

United Airlines mengatakan alasannya membeli pesawat buatan Airbus adalah karena lebih efisien dalam hal bahan bakar dan jarak tempuh pesawat yang lebih jauh. Hal ini bisa membantu perusahaan memangkas biaya operasi.


Lebih lanjut, United Airlines mengatakan bahwa mereka saat ini sedang menunda pesanan pesawat Airbus A350 yang lebih besar.


Sebelumnya, maskapai AS lainnya seperti JetBlue dan American Airlines juga telah mengumumkan pesanan pesawat buatan Airbus. Namun untuk jenis pesawat long-range single-aisle.

Pembelian ini menambah tekanan bagi perusahaan pesawat asal Negeri Paman Sam, Boeing, yang sedang ditimpa berbagai masalah.

Boeing yang adalah produsen pesawat terbesar dunia, tengah berada di bawah pengawasan setelah pesawat buatannya, 737 MAX, terlibat dua kecelakaan fatal. Pesawat jenis ini terlibat dua kecelakaan fatal yang menelan korban secara total sebanyak 346 orang. Kecelakaan tersebut menimpa maskapai Ethiopians Airlines dan Lion Air Indonesia.

Saat ini Administrasi Penerbangan Federal (AFF) sedang melakukan penyelidikan terhadap 737 MAX. Hingga saat ini, pesawat jenis ini masih dilarang terbang dan beroperasi di berbagai negara di dunia.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading