Ternyata Ini yang Buat RI Setop Ekspor Gas ke Singapura

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
02 December 2019 19:23
Pasokan gas blok corridor ke Singapura bakal disetop mulai 2023
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia akan segera menghentikan pasokan gas ke Singapura tepatnya pada tahun 2023 atau 4 tahun mendatang. Hal ini disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, di mana penghentian ini bertujuan untuk memenuhi pasokan dalam negeri.

Kebutuhan gas Singapura selama ini dipasok dari Blok Corridor yang dikerjakan ConocoPhillips. Lebih lanjut Arifin menerangkan gas di Sumatera saat ini masih banyak, setelah tidak mensupply Singapura akan di tarik ke Indonesia.




"Transmisi ini perlu juga di gas, Jadi gas kita kan banyak di Sumatera, supply ke Singapura akan habis di 2023, kita akan tarik ke dalam negeri," ungkapnya Rabu, malam (27/11/2019) di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi VII.

Gas nantinya akan dipasok ke pipa Duri Dumai, lalu dialirkan lagi ke Sumatera. Pasokan dari Sumatera akan dialirkan juga ke pulau Jawa dimanfaatkan semua masyarakat Indonesia. "Sumatera Jawa, baru nanti Cirebon gresik, ConocoPhillips Saka Kemang, jadi ini bisa tersambung," imbuhnya.

Arifin berencana pasokan gas tidak hanya berasal dari blok yang sudah operasi, namun juga pasokan dari blok East Natuna. Dirinya melihat potensi Natuna Blok D Alfa sangat besar. "Kami melihat potensi Natuna Blok D Alfa sangat besar dan bisa ditarik sampai Pontianak turun ke bawah," terangnya.


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading