Ciputra yang Bersahaja: Kets Tua Langganan dan Celana Sobek

News - Redaksi, CNBC Indonesia
27 November 2019 11:43
Ciputra tak hanya dikenal sebagai maestro pengusaha properti, tapi punya sisi pribadi yang bakal membekas.
Jakarta, CNBC Indonesia - Ciputra tak hanya dikenal sebagai pengusaha kawakan dan maestro di bidangnya, tapi punya sisi pribadi yang bakal membekas bagi siapa saja yang berjumpa dengannya. Salah satu yang menonjol adalah kesederhanaan dalam berpenampilan.

Ciputra sering menggunakan beberapa jenis topi saat di acara-acara publik. Berbeda dengan topi yang berganti-ganti, Ciputra gemar menggunakan sepatu kets tua berwarna hitam yang sering dipakai jadi langganannya. Ciputra sering menggunakan sepatu kets hitam tersebut meski di acara-acara formal.

Ia mengaku alasan utamanya menggunakan sepatu kets karena menurutnya sepatu tersebut nyaman untuk dikenakan. Padahal sebagai seorang konglomerat di Indonesia, sangat tak sulit baginya untuk bergonti-ganti sepatu-sepatu kulit berharga mahal.


Ciputra yang Bersahaja: Kets Tua Langganan dan Celana SobekFoto: Ciputra dan Sepatu Kets Tua/Detkcom




"Supaya enak, lebih enak dipakai jalan, enak di kaki," kata Ciputra singkat usai acara Temu Nasional Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (10/2/2010).

Sosok yang gemar berbicara kewirausahaan ini memang sering tampil terlihat sederhana. Pria kelahiran 24 Agustus 1931 itu memang sangat cuek. Meski memakai celana bahan hitamnya sudah terlihat sedikit sobek di ujung celana bagian bawahnya, ia sangat terlihat pede melenggang bersama sepatu kets-nya.

"Saya pakai sejak 5 tahun lalu, sebelumnya pakai sepatu biasa (sepatu kulit formal)," ujarnya.

Kini, Ciputra sudah pergi di usia 88 tahun. Ia meninggal di Singapura pada dini hari tadi, pada 27 November 2019 pukul 1:05 waktu Singapura.

=====

Catatan: Naskah ini ditulis ulang dari judul "Ciputra dan Sepatu Kets Tua" yang rilis di detikcom pada 10 Februari 2010.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading