Fokus Kebijakan

Teruntuk Ibu Sri Mulyani Hingga Pak Erick Thohir

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
26 November 2019 12:59
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia belum menghadapi resesi, apalagi depresi. Namun demikian gejala menuju resesi semakin terlihat jelas.

Institute For Development of Economics and Finance (INDEF) melihat beberapa fokus kebijakan kementerian yang perlu dilakukan. Berikut paparan INDEF yang dikutip Selasa (26/11/2019).

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
  • Memastikan bahwa koordinasi dan strategi menghadapi potensi risiko resesi ekonomi berjalan sesuai rencana
  • Penajaman kembali strategi paket kebijakan ekonomi yang lebih atraktif dan 'nendang' bagi pelaku ekonomi.

Kementerian Keuangan
  • Meningkatkan kualitas koordinasi dengan otoritas moneter
  • Menambah basis pajak baru secara hati-hati dalam rangka menambah penerimaan negara tanpa harus mengganggu perekonomian. Perluasan basis pajak berarti menggaet potensi pajak yang selama ini belum tersentuh.
  • Strategi penjualan surat berharga negara secara prudent dengan nominal ritel dalam rangka pendalaman pasar keuangan domestik. Sejalan dengan itu mengurangi risiko kepemilikan surat utang negara oleh asing.

Kementerian Perdagangan


  • Hal yang harus diperhatikan serius dalam perdagangan dalam negeri adalah menjamin distribusi dan pasokan bahan pokok, terutama sembilan bahan pokok tetap tersedia guna menghindari gejolak inflasi akibat distribusi yang tidak beres sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga.
  • Terkait dengan perdagangan luar negeri adalah mencari pasar ekspor non tradisional dalam rangka memasarkan produk-produk Indonesia.

Kementerian Perindustrian

  • Salah satu Pekerjaan Rumah terbesar Indonesia di bidang industri adalah membangun mother of industry yakni industri baja dan industri petrokimia. Industri baja dibutuhkan dalam rangka mendukung industri turunan yang membutuhkan suplai baja, terutama industri permesinan dan juga infrastruktur.
  • Kementerian Perindustrian juga perlu mengembangkan agroindustri, mengingat sifat industri ini adalah bahan baku tersedia di domestik, mampu memenuhi kebutuhan end user (masyarakat), dan potensial untuk ekspor.



Kementan Sampai BUMN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading